Analisa Harga Satuan Pekerjaan Biaya Bangunan | Desain Rumah Sederhana

Analisa Harga Satuan Pekerjaan Biaya Bangunan

October 30th, 2011 0 Comments

Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHS) merupakan dasar dan sekaligus alat untuk menghitung Rencana Anggaran Biaya Bangunan atau RAB. Di dalam analisa harga satuan dijelaskan secara lengkap bagaimana cara mengitung satuan pekerjaan bangunan. Satuan pekerjaan adalah item-item pekerjaan bangunan seperti pekerjaan galian tanah, pekerjaan pondasi batu, pekerjaan pasangan bata, dsb.

Untuk mengetahui nilai biaya pekerjaan bangunan, misalnya pekerjaan bangunan sebuah rumah, maka setiap satuan pekerjaan tersebut harus dihitung biayanya. Komponen biaya pekerjaan secara garis besar terdiri dua komponen, yaitu biaya bahan dan tenaga kerja. Dalam analisa harga satuan, kedua komponen tersebut dijelaskan dan dirinci secara detel yang menghasilkan nilai biaya satuan per setiap pekerjaan.

Sebagai contoh, berikut ini adalah cuplikan analisa harga satuan pekerjaan pasangan bata merah :

analisa harga satuan pekerjaan pasangan bata merah

Pada analisa harga satuan untuk pekerjaan pasangan bata merah di atas terlihat komponen bahan dan tenaga kerja. Pada kolom 1 tabel analisa terlihat komponen bahan : bata merah, semen portland, pasir pasang, dan komponen tenaga : pekerja, tukang batu, kepala tukang, dan mandor.  Sedangkan pada kolom berikutnya ada satuan bahan, volume, harga satuan, dan jumlah.  Satuan menunjukan satuan dari setiap komponen bahan/tenaga : buah untuk bata merah, zak untuk semen, dan oh (orang per hari) untuk tenaga. Volume menunjukan angka koefisien kebutuhan setiap komponen untuk pekerjaan pasangan bata setiap m2.  Harga satuan menunjukan harga setiap komponen bahan/upah. Gabungan nilai semua komponen berdasarkan perkalian koefisien menghasilkan harga satuan pasangan bata merah untuk setiap meter perseginya.

Analisa Harga Satuan Pekerjaan merupakan pedoman baku yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang di setiap daerah (Pemda). Pedoman ini digunakan untuk membuat dokumen perencanaan pekerjaan konstruksi. Semua pekerjaan perencanaan yang dikerjakan olek konsultan perencana konstruksi berdasarkan Analisa Harga Satuan Pekerjaan SNI. AHS SNI tersebut setiap tahunnya diterbitkan oleh Dinas terkait di setiap Pemda Kab/Kodya di seluruh Indonesia.

Jika Anda ingin mendapatkan AHS SNI, dapat mendownload Analisa Harga Satuan – AHS SNI 2011 Kab. Bantul di situs ilmu teknik sipil dot com pada halaman ini : http://www.ilmutekniksipil.com/estimasi-biaya-konstruksi/download-analisa-harga-satuan-sni-2011. Silahkan copy paste alamat url tersebut ke browser internet pada komputer Anda, Firefox atau IE.  Sedangkan AHS SNI 2011 Kab. Bogor bisa Anda lihat di sini..

rab

Sign up free email newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

Comments are closed.