Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Analisa Harga Satuan Pekerjaan Konstruksi (AHS) SNI

Analisa Harga Satuan AHS-SNIAnalisa Harga Satuan Pekerjaan Konstruksi (AHS) SNI adalah standart baku nasional untuk menentukan harga satuan setiap pekerjaan konstruksi pada proyek pembangunan.  Yang dimaksud pekerjaan konstruksi adalah tahapan-tahapan pekerjaan yang akan dikerjakan pada setiap proyek bangunan. Bangunan dimaksud meliputi bengunan gedung, bangunan konstruksi baja, bangunan jalan dan jembatan, bangunan galangan kapal, bangunan monumen, bangunan air, dan masih banyak lagi. Bangunan gedung saja banyak jenisnnya, ada bangunan kantor, bangunan pabrik, bangunan hotel, bangunan rumah tinggal, dst. Bangunan gedung dilihat dari jumlah lantai ada bangunan 1 lantai dan ada bangunan gedung bertingkat.

Yang dimaksud pekerjaan konstruksi adalah nama-nama pekerjaan yang dikerjakan pada suatu bangunan. Misalnya nama-nama pekerjaan konstruksi pada bangunan rumah tinggal : pekerjaan pondasi batu, pekerjaan pasangan dinding bata merah, pekerjaan beton, pekerjaan lantai, pekerjaan atap dan sebagainya. Untuk menentukan harga satuan setiap pekerjaan tersebut kalau tidak ada standart baku (AHS-SNI) akan sulit dilakukan, sebab setiap pekerjaan adalah proses pengolahan bahan baku menjadi bahan jadi. Misalnya saja pekerjaan pasangan dinding bata merah akan sangat sulit menentukan harga satuan biayanya tanpa AHS-SNI, sebab pada pekerjaan pasangan bata merah ada komponen bahan material dan komponen upah mengerjakannya, ada spesifikasi bahan perekat yang akan digunakan. Dengan menggunakan AHS-SNI akan sangat mudah menghitung biayanya. Contoh analisa harga satuan pekerjaan pasangan dinding bata merah bisa Anda lihat di sini.

Pada analisa yang Anda lihat tersebut terdapat 5 kolom (nomor, satuan, volume, harga satuan, dan jumlah). Volume disini merupakan faktor pengali (koefisien) dengan harga satuan bahan dan upah. Harga satuan bahan dan upah adalah nilai harga satuan bahan dan upah di wilayah kota setempat yang tentunya berbeda antara kota yang satu dengan kota lainnya. Koefisien adalah nilai hasil penelitian para ahli dan berlaku sama di seluruh Indonesia.

AHS-SNI setiap tahun direvisi oleh setiap instansi Pemda Kab/Kota di seluruh Indonesia. Namun yang direvisi bukan nilai koefisiennya, melainkan harga satuan bahan dan upah kerja yang cenderung berubah setiap tahunnya. AHS-SNI biasa digunakan oleh para konsultan perencana konstruksi, kontraktor pelaksana konstruksi, dan konsultan pengawas konstruksi. Mereka akan mendapatkan AHS-SNI pada setiap tahunnya dari instansi terkait pada Pemda Kab/Kodya setempat. Masyarakat umum yang memerlukan AHS-SNI juga bisa mendapatkannya dengan mengajukan permintaan. AHS-yang diberikan biasanya dalam bentuk cetakan, sedangkan aslinya adalah dalam bentuk sebuah file exel dimana antara sheet yang satu sudah link dengan sheet lainnya.

AHS-SNI dalam bentuk file excel sudah siap digunakan untuk membuat RAB rumah, kita tinggal menyusun format RAB bangunan sesuai urutan dan tahapan pekerjaan, kemudian membuat hyperlink ke sheet yang diperlukan.  Pada AHS-SNI update terbaru, harga satuan setiap pekerjaan sudah terupdate dan siap digunakan untuk menyusun Rencana Anggaran Biaya Bangunan (RAB) sebuah Proyek. Jika Anda memiliki AHS-SNI terbaru sesuai wilayah kota Anda, dan ingin membuat sendiri RAB Rumah, maka Anda bisa mengerjakannya sambil belajar.



Itulah yang dapat saya sampaikan sekilas tentang Analisa harga Satuan Pekerjaan Konstruksi (AHS-SNI) yang mudah-mudahan dapat menambah pengetahuan bagi Anda yang kebetulan saat ini belu mengetahui hal tersebut. Apabila Anda memerlukan AHS-SNI, silahkan  Download AHS-SNI 2011. Semoga bermanfaat.

Updated: 12 Oktober 2014 — 12:00 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme