Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Bangunan Rumah Tanpa Kayu

Contoh Bangunan Rumah Tanpa Kayu

Desain Rumah Minimalis Modern Tanpa menggunakan Material Kayu

Dengan semakin canggihnya teknologi bahan bangunan, sekarang bangunan rumah bisa full tanpa menggunakan bahan kayu, sehingga pemilik rumah bisa aman dari gangguan rayap dan binatan pengerat kayu lainnya. Selain aman dari gangguan rayap, bangunan rumah  tanpa kayu dapat mengurangi bahaya kebakaran yang rentan terjadi pada ruang atap dan plapond akibat hubungan pendek arus listrik.

Seperti apa bangunan rumah tanpa kayu?Seperti Anda ketahui bahwa bagian rumah yang selama ini menggunakan bahan kayu adalah mulai dari rangka atap, rangka plapond, kusen pintu dan jendela, daun jendela dan daun pintu.  Pada  saat ini semuanya bisa diganti dengan bahan lain tanpa menggunakan kayu. Dengan adanya bahan-bahan material pengganti kayu sangat menguntungkan banyak pihak, yakni pengguna, pengusaha, dan pemerintah tentunya terutama dalam rangka menunjang program kelestarian hutan.

foto rangka atap baja ringan

Gunakan Atap Baja Ringan yang Berkualitas dan memiliki Garansi 25 Tahun


Penggunaan material non kayu sebenarnya sudah lama diterapkan pada bangunan-bangunan besar, perkantoran, dan gedung-gedung bertingkat pencakar langit sudah tidak menggunakan kayu, terutama untuk kusen jendela, kusen pintu, daun jendela dan daun pintu. Sedangkan rangka atap sebagian masih menggunakan kayu. Baru setelah ada produk atap baja ringan baru bisa membuat bangunan full tanpa bahan material kayu.



Sedangkan untuk bangunan-bangunan rumah, yang sekarang sudah umum dan mulai banyak yang tertarik yaitu menggunakan rangka atap baja ringan, sedangkan untuk kusen, pintu dan jendela masih banyak yang lebih suka menggunakan bahan kayu.Ada orang yang berpendapat kalau menggunakan kusen aluminium terkesan seperti bangunan kantor.

 

Motif Kusen dan Daun Pintu Aluminium

Inilah Motif Kusen dan Daun Pintu Aluminium Cantik dengan Motif Kayu

Apabila mau, sekarang sudah bisa diterapkan untuk bangunan rumah tinggal full tanpa menggunakan kayu. Sekarang sudah banyak kusen, daun pintu dan jendela yang dirancang dengan motif-motif menyerupai kayu. Dengan demikian, kalau Anda ingin memiliki rumah yang bebas dari ancaman rayap yang selama ini suka menyerang rumah kita yang berbahan kayu maka bangunlah rumah full tanpa kayu. Selain itu juga, rumah tanpa bahan kayu akan mengurangi resiko kebakaran terutama pada bagian rangka plapond dan atap yang rentan kebakaran melalui terjadinya hubungan pendek listrik.

motif daun pintu aluminium

Kusen dan daun Pintu Aluminium + Kaca, Sangat cocok untuk Pembatas Ruang Keluarga dengan Taman Tengah atau Taman Belakang.

Hanya yang perlu diperhatikan terutama pada penggunaan rangka atap baja ringan yang kini sudah beraneka ragam kualitasnya, kita harus benar-benar memperhatikan kualitas kekuatan bahan material tersebut disesuaikan dengan tutup atap yang akan kita gunakan. Jika kita akan menggunakan tutup atap yang memiliki beban berat seperti genting beton atau genting keramik harus memilih bahan rangka atap baja ringan yang berkualitas baik dan memiliki jaminan atau garansi 25 tahun dengan ketebalan bahan yang maksimal. Disamping kualitas, juga jarak pemasangan kuda-kuda harus benar-benar dihitung sesuai dengan beban genting.

 

Motif Kusen dan Jendela Aluminium

Kusen dan Daun Jendela Aluminium untuk Rumah Minimalis

Bangunan rumah yang didesain oleh ahlinya, dalam hal ini konsultan perencana konstruksi, sudah pasti akan menghitung jarak antar kuda-kuda tersebut. Maka oleh karena itu, kalau kita mau aman, lebih-lebih kalau nilai rumah itu besar sebaiknya desain dan perencanaan rumah Anda dipercayakan kepada ahlinya konsultan perencana konstruksi yang berpengalaman.

Updated: 15 Agustus 2012 — 4:39 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme