Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Begitu Pentingkah Membuat RAB Rumah Sebelum Membangun?

pentingnya rab membangun rumahJudul posting kali ini berupa pertanyaan : ” Begitu pentingkah membuat RAB rumah sebelum membangun?” Pertanyaan tersebut saya munculkan sehubungan dengan kegunaan RAB rumah dalam yang kaitannya dengan pelaksanaan pembangunan sebuah rumah tinggal.

Tidak sedikit orang membangun rumah tanpa gambar rencana dan RAB rumah baik di lingkungan perumahan diperkotaan maupun di pedesaan/perkampungan. Bahkan kalau di pedesaan saya kira hampir 100% masyarakat tidak menggunakan gambar rencana dan RAB rumah.

Dengan kenyataan tersebut ternyata tanpa gambar dan RAB rumah lancar-lancar saja. Memang kenyataannya seperti itu, tanpa gambar + RAB pun mereka dalam pelaksanakan membangun rumah sepertinya tidak mengalami permasalahan dan lancar, padahal sebenarnya dan pasti akan terjadi lebih banyak errornya ketimbang lancarnya, boleh dicoba oleh Anda yang mungkin akan merencanakan membangun rumah.

Sebenarnya membangun rumah menggunakan gambar rencana dan RAB sangat penting, sebab perlunya gambar rencana + RAB menyangkut banyak hal, mulai dari kualitas bangunan menyangkut ketepatan penggunaan material, ketepatan penyediaan dana sesuai rencana berdasarkan gambar teknis, ketepatan pelaksanaan pekerjaan menyangkut arsitektur bangunan. Perlu diingat bahwa membangun sebuah rumah memerlukan biaya besar tidak seperti membuat kue, jika terjadi error dalam pelaksanaannya maka kerugian, kekecewaan, penyesalan akan terjadi bagi pemilik rumah karena hasil pekerjaan dan jumlah biaya yang dikeluarkan tidak sesuai.

RAB rumah tidak dapat dipisahkan dengan gambar rencana, sebab gambar merupakan dasar yang digunakan untuk membuat perencanaan biaya, tanpa gambar teknis/perencanaan sangat mustahil untuk dapat membuat RAB rumah.

Sebuah rumah yang dibangun dengan menggunakan gambar rencana + RAB hasilnya akan sangat jauh berbeda dengan tanpa gambar + RAB. Membangun rumah tanpa gambar + RAB ibaratnya mengerjakan sesuatu tanpa rencana, sehingga dalam pelaksanannya sama sekali tanpa pedoman yang jelas seolah-oleh berjalan tanpa arah tujuan. Akibatnya akan terjadi pemborosan biaya yang disebabkan pemborosan bahan material yang pengadaannya tidak jelas. Pemborosan upah kerja, sebab tidak ada pedoman berapa jumlah biaya tenaga kerja yang dibutuhkan. Dalam hal tersebut pemilik rumah akan bingung dalam penyediaan dana sebab tidak jelas berapa jumlah biaya yang diperlukan. Biasanya penyediaan biaya suka diperkirakan berdasarkan pengalaman seorang tukang bangunan yang dipercayakan, tapi dalam kenyataannya lebih banyak melesetnya ketimbang benarnya.

Oleh karena itu maka sangatlah penting menggunakan gambar rencana + RAB rumah dalam melaksanakan pembangunan sebuah rumah tinggal seperti halnya pembangunan proyek-proyek yang tidak ada 1 pekerjaan proyek yang tanpa gambar rencana + RAB. Apa jadinya kalau sebuah proyek pembangunan fisik konstruksi tanpa gambar + RAB.



Apabila Anda akan membangun rumah sekecil apapun sebaiknya menggunakan gambar + RAB, sebab dengan menggunakan gambar + RAB maka dalam pelaksanaan pembanggunan akan jelas tujuannya, jelas jumlah biayanya, jelas sasaran dan waktu pelaksanannya, serta hasil pembangunan nya akan sesuai dengan keinginan, serta pemborosan biaya akan dapat diminimalisir.

Itulah uraian singkat mengenai RAB rumah yang memang sangat diperlukan dalam pelaksanaan pembangun, dan RAB rumah bisa dibuat berdasarkan gambar rencana atau gambar teknis. Gambar + RAB merupakan dasar atau pedoman untuk pelaksanaan pekerjaan.

Updated: 26 Agustus 2015 — 10:25 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme