Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Benarkah Rumah, Perumahan sebagai Salah Satu Penyebab Banjir ?

banjirPembangunan rumah dan perumahan selalu dikaitkan dengan terjadinya banjir di musim hujan. Benarkah pembangunan rumah dan perumahan sebagai salah satu penyebabnya? Untuk menjawab masalah itu kita dapat melihatnya dari sisi lahan yang dijadikan tempat membangun. Kalau rumah dan perumahan tersebut dibangun di atas lahan serapan air, tentu saja lahan yang telah dibangun akan berubah fungsi dari penyerap air menjadi penampung air. Hal tersebut bisa kita lihat sendiri berapa debit air yang dihasilkan sebuah atap rumah bisa mencapai puluhan meter kubik setiap terjadi hujan besar. Jika jumlah rumah dalam satu lingkungan perumahan ratusan, bahkan ribuan rumah, maka bisa dibayangkan berapa ribu meter kubik air yang dihasilkan oleh sebuah perumahan tersebut.

Apabila sistem drainase perumahan tersebut buruk, maka air bah akan merendam perumahan itu sendiri.. dan jika drainasenya bagus, air akan mengalir ke tempat yang lebih rendah dan menjadi bencana bagi lingkungan pemukiman yang daerahnya lebih rendah.

Sejalan dengan kebutuhan pemukiman masyarakat yang selalu meningkat, tentu saja hal ini menjadi polemik antara kebutuhan akan tempat pemukiman dengan akibat pembangunan yang mau tidak mau mengubah fungsi lahan yang ujung-ujungnya banjir. Seperti yang terjadi setiap tahun dimusim penghujan, banjir dimana-mana hampir di seluruh wilayah Indonesia terutama di daerah perkotaan yang merupakan dataran rendah.



Kejadian perubahan fungsi lahan dari lahan serapan menjadi lahan kedap air bukan saja terjadi di hilir, tetapi terjadi juga di hulu.. tentu saja hal ini disebabkan karena kebutuhan akan pemukiman yang terus diperlukan.. sejalan dengan laju pertambahan penduduk. Hal ini tidak dapat dicegah, karena kebutuhn tersebut.

Jadi, memang benar dan tidak dapa disangkal.. bahwa setiap berdiri sebuah bangunan di atas lahan serapan air, maka fungsi lahan akan berubah dari serapan menjadi penampung air. Mungkin hal ini harus menjadi bahan pemikiran semua fihak terkait, bagaimana caranya agar setiap air yang dihasilkan sebuah atap rumah dapat ditampung dan dimasukan ke dalam tanah, sehingga tidak sempat mengalir kemana-mana. Mungkinkah air bah yang berasal dari setiap atap dimasukan ke dalam tanah dengan cara setiap rumah membuat sumur dalam?

Updated: 11 Februari 2013 — 7:43 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme