Beton Sloof dan Tiang Kolom Bangunan Rumah Sederhana | Desain Rumah Sederhana

Homepage » Desain » Beton Sloof dan Tiang Kolom Bangunan Rumah Sederhana

Beton Sloof dan Tiang Kolom Bangunan Rumah Sederhana

February 23rd, 2012 1 Comment

[Beton Sloof Rumah Sederhana]Beton sloof adalah balok beton yang dipasang persis diatas pondasi batu kali. Beton sloof wajib dibuat jika ingin bangunan anda kokoh. Beton sloof berfungsi sebagai pengikat dan penahan pasangan dinding, baik pasangan bata merah, batako, atau bahan dinding lainnya. Apabila ada keretakan pondasi batu kali akibat perubahan tanah, maka beton sloof  bekerja melindungi dinding pasangan bata sehingga tidak ikut retak, tetapi seandainya tidak dipasang sloof maka ketika pondasi retak, maka dinding akan retak pula. Sedangkan Tiang Kolom Beton adalah tiang berupa beton yang dipasang secara vertikal pada bangunan yang berfungsi sebagai tiang penyangga, pengikat pasangan dinding sehingga bangunan menjadi kokoh dan kuat.

Penulangan beton sloof dan tiang kolom untuk rumah sederhana bisa menggunakan besi beton diameter 10 s/d 12 mm untuk tulang utama, dan besi diameter 6 atau 8 mm untuk ring. Jarak ring 20 s/d 25 cm. Ukuran beton sloof (jadi) pada bangunan rumah sederhana tidak perlu dihitung-hitung lagi, gunakan saja ukuran standard 12 cm (lebar) x 20 cm (tinggi) untuk pasangan dinding bata merah dan batako press beton (tebal 10 cm), atau 10 x 20 cm untuk pasangan batako teras (tebal 8 cm). Sedangkan ukuran tiang kolom disesuaikan dengan lebar bahan material yang akan digunakan untuk dinding. Untuk pasangan bata merah bisa menggunakan ukuran kolom beton jadi 10 x 16 cm.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat beton sloof adalah : semen, pasir beton, split giling (batu pecah), besi beton, kawat tali, papan cor, paku campur. Adukan beton dengan perbandingan campuran standard yaitu : 1 bagian semen : 2 bagian pasir beton : 3 bagian split giling + air secukupnya. Kualitas beton sangat ditentukan oleh kualitas bahan. Pasir harus dipilih pasir beton yang tidak mengandung tanah. Untuk memastikan kualitas pasir, bisa dicoba dengan cara memasukan pasir ke dalam ember, lalu tuangkan air dan kemudian a. Apabila air berubah menjadi berwarna warna tanah/lumpur..berarti kandungan tanahnya banyak.. dan pasir seperti ini tidak baik utuk beton. Split atau batu giling yang bagus adalah dari bahan baku batu yang keras. Untuk mendapatkan campuran beton yang berkualitas, ketika mengaduk harus sesuai ukuran yang ditentukan, dan sebaiknya pasir beton dan split harus dibersihkan bebas kotoran dan tanah.



semoga teman suka..


Sign up free email newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

One Response to “Beton Sloof dan Tiang Kolom Bangunan Rumah Sederhana”

  1. ridwan says:

    saya sudah beli rumah panggung kayu ukuran 7×4.5m dengan tinggi 4 m diameter 20cm dan saya berencana membangun kembali dengan melakukan beberapa perubahan. sya berencana membuat tiang dari beton setinggi 3 m lalu diatasnya kayu tiang tadi dengan perhitungan 3 m tiang beton lalu 1 m tiang kayu tertanam di dalam tiang beton sisanya 3 m berdiri diatas kemudian di susun satu persatu kayu penyanggah lainnya. yang mau saya tanyakan, apa mungkin niat saya ini terwujud?kemudian hal hal apa yang perlu saya perhatikan dalam pembangunannya?terimakasih banyak atas jawabannya.

 
Desain Rumah Sederhana Search form
Google+ Follower

Alat Membuat RAB Rumah

Facebook Follower
Link Partner
StatBlog
Google PageRank Checker