Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Cara Effisiensi Penggunaan Semen dalam Membangun Rumah

Semen merupakan bahan material yang sangat menentukan kokoh dan kuatnya sebuah bangunan, baik itu bangunan rumah, maupun bagunan lainnya seperti jalan, jembatan dan lain-lain. Menghemat penggunaan semen dalam membangun rumah itu tidak baik, sebab ada aturan penggunaan yang baku agar sebuah bangunan memenuhi syarat kualitas bangunan. Istilah Hemat dengan effisien sangat jauh berbeda. Hemat berarti mengurangi aturan yang ditentukan, sedangkan effisien menggunakan secara benar tetapi bukan pemborosan.

Dalam praktek sehari-hari, terjadi penggunaan semen yang tidak wajar oleh para pekerja baik di perumahan maupun di proyek-proyek, misalnya menggunakan semen tidak menggunakan takaran yang dianjurkan serta menggunakan bahan pasir yang kualitasnya buruk.

Penggunaan pasir yang berkualitas buruk akan menyebabkan pemborosan penggunaan semen, sebab sebanyak apapun semen yang dicampurkannya akan menghasilkan pasangan tembok atau beton yang berkualitas buruk. Selanjutnya pelaksanaan pembuatan adukan dengan tidak menggunakan takaran yang dianjurkan (dikira-kira), bisa mengakibatkan pemborosan atau justru kekurangan semen. Pelaksanaan pembuatan adudak tanpa menggunakan takaran biasa ditemukan di pekerjaan-pekerjaan bangunan di perumahan atau di perkampungan. Hal ini terjadi karena pekerja malas menakar, atau karena pemilik rumah sama sekali tidak tahu pekerjaan bangunan.. sehingga semua diserahkan atau bagaimana pekerja.

Jika Anda sebagai pemilik bangunan rumah tinggal yang kebetulan sedang membangun dengan cara mempercayakan pekerjaan sepenuhnya kepada pekerja, maka ada baiknya Anda mengetahui hal ini, bahwa kekuatan sebuah rumah/bangunan sangat ditentukan oleh bahan material yang satu ini yaitu SEMEN.

Untuk menghasilkan adukan beton yang berkualitas diperlukan komposisi yang benar antara jumlah semen, pasir, dan split dengan perbandingan campuran 1 semen : 2 pasir : 3 split. Sedangkan untuk adukan pasangan seperti pasangan pondasi dan pasangan bata/dinding, perbandingannya 1 semen : 6 pasir.

Yang perlu diperhatikan dalam hal membuat adukan di atas adalah dalam pelaksanaannya harus menggunakan takaran (jangan dikira-kira). Pernahkah melihat ketika pekerja bangunan Anda sedang mengaduk? Apa yang mereka lakukan.. apakah menggunakan takaran.. atau hanya menggunakan cangkul? Pernahkah Anda memeriksa kualitas pasir yang Anda beli? Jika Anda tidak pernah memperdulikan kedua hal tersebut maka Anda akan rugi. Pertama penggunaan semen yang tidak effisien.. bisa boros dan bisa kekurangan, sebab tidak menggunakan takaran. Kedua jika kualitas pasir yang Anda beli tidak baik, maka kualitas bangunan Anda pasti buruk.

Takaran komposisi Campuran untuk Standard Rumah Tinggal

Untuk Beton Bertulang : 1 Semen : 2 Pasir : 3 Split giling, sedangkan untuk pasangan pondasi dan pasangan Bata perbandingannya : 1 semen : 6 pasir. Takaran untuk membuat menggunakan kaleng/galon bekas cat tembok 25 kg lebih praktis tidak perlu membuat. 1 Zak semen = 2 kaleng. Caranya : untuk membuat adukan pasangan 1 : 6, maka pekerja tidak perlu menakar semen.. tetapi cukup menakar pasir sebanyak 12 kaleng/galon, lalu campurkan dengan 1 Zak semen yang 5o kg.

Cara membuat adukan yang benar:

A. Adukan pasangan pondasi & pasangan bata (1 : 6):
Pastikan kualitas pasir yang akan digunakan tidak mengandung tanah

  1. Takar 12 kaleng/galon pasir untuk satu kali mengaduk.
  2. Tuangkan 1 Zak semen 50 kg (Tiga Roda, Holcim atau apa saja)
  3.  Aduk kering sampai betul-betul merata pada kotak tempat mengaduk
  4. Tuangkan air secukupnya, dan aduk hingga matang

B. Adukan Beton (1:2:3) :
Pastikan pasir dan split yang akan digunakan berkualitas baik. Pasir tidak mengandung koral (ayak) dan tanah, split tidak mengendung batu mati (batu lunak).

  1. Takar 4 kaleng/galon pasir beton ayak
  2. Tuangkan 1 zak semen 50 kg
  3. Aduk kering sampai benar-benar merata pada kotak tempat mengaduk
  4. Ratakan adukan kering setebal 20 cm
  5. Takar 6 kaleng/galon split dan ratakan diatas adukan kering
  6. Siram dengan air secukupnya sampai rata.

(Jika menggunakan mesin beton molen itu lebih baik)



Begitulah cara effisien penggunaan Semen.Semoga ada manfaatnya bagi Anda yang sedang atau akan membangun rumah tinggal Anda.

Updated: 9 Mei 2012 — 9:43 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme