Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Cara Membangun Rumah Sederhana Biaya Murah

membangun-rumah-sederhana-murahPada posting kali ini saya akan menyampaikan bagaimana cara membangun rumah sederhana biaya murah dengan cara menggunakan material harga murah pada bagian pekerjaan non struktur.  Biaya membangun rumah pada saat in cukup mahal apabila menggunakan material yang harganya mahal. Bagi yang hanya memiliki dana terbatas kita bisa membangun rumah sederhana dengan biaya murah tanpa megurangi kekuatan bangunan. Caranya, yaitu dengan  menggunakan bahan-bahan material sederhana yang harganya murah dan terjangkau dan biasa digunakan oleh golongan masyarakat berpenghasilan rendah, atau biasa digunakan oleh masyarakat pedesaan.

Namun satu hal yang perlu diingat dalam meminimalkan penggunaan material agar biaya membangun menjadi murah, jangan sekali-kali mengurangi kekuatan bangunan pada bagian struktur seperti pondasi, sloof, kolom dan ring balk. Dalam membuat struktur, kita tetap harus menggunakan campuran adukan yang dipersyaratkan, yaitu untuk pasangan minimum adukan 1pc : 5 pasir, untuk beton sloof, kolom, dan ring balok dengan perbandingan campuran adukan minimum 1pc : 2psr : 3kora, dan penggunaan besi tulangan beton berukuran diameter min. 10 mm untuk tulangan utama.



Penghematan biaya yang dapat dilakukan adalah pada bagian lain selain struktur, diantaranya kita bisa memilih bahan-bahan yang sederhana dan murah seperti, sbb:

  • batako tras (batako putih) untuk dinding
  • lantai keramik yang sederhana kualitas nomor 3 yang harganya dibawah 60 ribu rupiah per doz;
  • rangka plapond dengan kayu kelas 2, dan tutup plapond termurah seperti asbes uk. 50 x 100 cm
  • rangka atap menggunakan kayu kelas 2, kaso dan reng bambu, serta tutup atap genting bakar press
  • acian plesteran menggunakan semen dicampur tepung batu putih (mil) dengan perbandingan 1 semen : 1 mil.

Walaupun kita membangun dengan bahan-bahan material yang murah, tapi kalau bangunan rumah kita dirancang dengan desain yang bagus dan dikerjakan oleh tukang bangunan yang ahli dan berpengalaman, maka hasilnya tidak akan terlihat sebagai bangunan rumah sederhana murah karena menggunakan bahan material murah. Kerapian finishing seperti plesteran dan acian dinding merupakan salah satu bagian yang paling terlihat dan menggambarkan sebuah rumah yang rapi dan apik.

Itulah sedikit penjelasan mengenai cara membangun rumah sederhana biaya murah tetapi tidak mengurangi kekuatan bangunan, sebab tidak mengubah kualitas pekerjaan struktur.

Updated: 4 Desember 2014 — 7:21 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme