Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Cara Membeli Rumah di Perumahan untuk Tujuan Investasi

tips membeli rumah diperumahanSaya ingin berbagi bagaimana cara membeli rumah untuk tujuan investasi agar dapat memberikan keuntungan dikemudian hari. Tempat hunian di lingkungan perumahan sudah tertata rapi, tata letak rumah, jalan, drainase, fasilitas umum dan dan tempat ibadah, dll. Oleh sebab itu rumah di lingkungan perumahan banyak diburu orang, baik oleh orang yang belum memiliki rumah, maupun oleh orang yang sudah memiliki rumah lebih dari satu.

Terlebih lagi apabila perumahan tersebut terletak pada lokasi yang strategis banyak diburu para pembeli rumah bukan untuk dihuni, melainkan untuk tujuan investasi seperti : untuk rumah kontrakan, rumah sewa, rumah kost, atau untuk dijual kembali dikemudian hari ketika harga rumah sudah tinggi.

Apabila Anda ingin membeli rumah di lingkungan perumahan untuk tujuan investasi agar rumah Anda memiliki nilai lebih tinggi di kemudian hari, maka sebelum membeli rumah perlu mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut:



  1. Pilih perumahan yang berlokasi strategis, yang tidak jauh dengan stasiun, terminal, dan tempat perbelanjaan. Harga rumah di perumahan yang lokasinya strategis pasti harganya lebih mahal, namun dalam jangka yang tidak terlalu lama akan memberikan keuntungan, baik dijual kembali, maupun sebagai rumah kontrak atau rumah sewa.
  2. Memilih rumah yang berada pada jalur jalan utama penting diupayakan, sebab rumah yang posisinya di jalur jalan utama biasanya ukuran tanah dan bangunannya lebih besar dari yang lainnya, ukuran lebar jalan lebih besar, bahkan ada yang  dua jalur, sehingga jarak dengan rumah tetangga yang berhadapan cukup jauh dan pemandanga ke depan tidak sumpek. Walaupun harga belinya tinggi, tapi pada suatu saat harga jualnyapun akan tinggi juga dan banyak peminatnya. Coba saja bandingkan dengan rumah yang bukan di jalur jalan utama, jalannya kecil dan rumah yang saling berhadapan jaraknya sangat dekat, terkadang apabila ada sedikit permasalahan dengan tetangga menimbulkan kita tidak betah.
  3. Memilih rumah yang menghadap ke timur harus menjadi pertimbangan, kenapa? Orang bilang rumah yang menghadap ke timur adalah “SEHAT”. Itu memang benar adanya, sebab rumah yang menghadap ke timur mendapat sinar matahari pagi yang sehat. Oleh sebab itu banyak dicari orang.  Coba bandingkan dengan rumah yang menghadap ke barat atau ke utara, sangat tidak nyaman disore hari.. tidak bisa bersantai di teras depan (panas).
  4. Memilih rumah yang bebas banjir,  ini sangat penting, sebab siapa orangnya yang mau tinggal di rumah yang rawan banjir.

Cara di atas apabila kita membeli rumah baru langsung dari pengembang, tetapi kalau membeli rumah seken/bekas dan penghuninya sudah banyak, maka harus dipertimbangkan hal-hal lain seperti calon tetangga dll.

Untuk menambah nilai rumah dari sisi penampilan, maka Anda perlu melakukan melakukan sedikit renovasi. Sebelum merenovasi tentunya Anda perlu menggambar desain rumah yang bagus dan menarik agar nilai investasi Anda lebih memberikan keuntungan, dan jangan lupa anggaran biaya untuk renovasi (RAB Rumah) dihitung terlebih dahulu.

Pada dasarnya memilih rumah untuk tujuan investasi sama saja dengan untuk tujuan dihuni sendiri, sebab pada suatu saat rumah yang kita beli itu akan menjadi tempat hunian orang lain yang menyewa, mengontrak, atau bahkan membeli rumah kita yang memang tujuannya sebagai investasi.

Mungkin itu saja beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika akan membeli rumah di lingkungan perumahan, baik rumah baru langsung dari pengembang, maupun rumah seken/bekas.

Updated: 23 Oktober 2014 — 8:05 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme