Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Cara Meminimalkan Biaya Membangun Rumah

Biaya membangun rumah di tahun 2014 ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Banyak faktor yang mempengaruhi tingginya biaya membangun rumah. Kenaikan BBM, kenaikan nilai dollar sangat mempengaruhi perubahan harga bahan-bahan bangunan. Ada 3 faktor utama yang mempengaruhi tingginya harga rumah, yaitu harga tanah, harga material bangunan, dan biaya tenaga kerja bangunan. Apabila Anda membeli rumah baru termasuk harga rumah seken juga ikut-ikutan naik. Apabila pada saat ini Anda akan merencanakan membangun sebuah rumah idaman pada sebidang tanah yang sudah Anda miliki sebelumnya, maka Anda bisa memiliki sebuah rumah dengan nilai yang lebih rendah jika dibandingkan membeli sebuah rumah baru atau rumah seken di lingkungan perumahan yang kini harganya melambung.

 

menekan biaya membangun rumah

Dengan membangun rumah baru di atas lahan yang sudah ada, maka Anda dapat menghemat biaya membangun. Cara menghemat atau meminimalisir biaya membangun, kita bisa menekan biaya dari beberapa titik atau komponen-komponen bangunan yang memungkinkan dapat ditekan dengan tidak mengurangi kekuatan bangunan.

Komponen-komponen bangunan yang dapat ditekan biayanya, bahan material non struktur dan efisiensi tenaga kerja bangunan.



Bahan material non struktur

Yang dimaksud bahan material non struktur adalah bahan material diluar struktur. Yang dimaksud struktur adalah pondasi, beton sloof, beton kolom, balok beton. Jika bangunan 2 lantai, plat lantai beton walaupun bukan struktur tidak boleh dikurangi biayanya.

Selain yang saya sebutkan di atas, biayanya dapat ditekan dengan memilih bahan-bahan material standard yang harganya dapat dipilih sesuai kemampuan keuangan yang tersedia. Bahan-bahan yang bisa ditekan biayanya diantaranya sebagai berikut:

  1. Pekerjaan dinding : dapat memilih material untuk dinding yang harganya lebih murah, misalnya bata merah kualitas nomor 2, atau menggunakan batako press, batako putih. Pekerjaan dinding tidak termasuk pekerjaan struktur.
  2. Pekerjaan Lantai : kita bisa memilih bahan penutup lantai yang harganya terjangkau, standard dan tampilannya tidak begitu tampak terkesan harga murah, harga material penutup lantai (keramik) tersedia mulai dari harga paling murah.
  3. Tutup Plapond: banyak pilihan material tutup plapond dari yang termurah sampai termahal, yang harganya murah misalnya eternit asbes, GRC, triplek.
  4. Tutup Atap: begitu pula tutup atap banyak pilihan dari mulai genting tanah cetak manual, genting tanah press, genting keramik, genting metal, dll.
  5. Pekerjaan finishing : pekerjaan finishing mulai dari plesteran dinding sampai pengecatan memerlukan biaya besar jika kita tidak tau cara menekan biayanya. Untuk menekan biaya plesteran, kita bisa menggunakan adukan semen pasir dengan perbandingan standard 1pc : 6 pasir, dan acian dapat menggunakan tepung batu kapur (mil) dicampur semen dengan perbandingan 1 semen : 1 mil. Dengan cara begitu maka biaya plesteran dan acian akan lebih murah. Untuk bahan cat, bisa gunakan cat standard jangan yang terlalu murah.. sebab cat yang harganya murah cepat pudar warnanya.

Tenaga kerja bangunan

Upah kerja tukang bangunan dan pekerja pada saat ini di wilayah Jabotabek pasarannya Rp. 100.000 (tukang), dan Rp. 80.000 (pekerja), dengan jam kerja pk. 08.00 s/d 16.00. Dengan harga tersebut bisa kita hitung biayanya jika kita menggunakan 3 tukang dan 5 pekerja, yaitu Rp. 700.000,- per hari, dan sebulan hampir 20 juta rupiah setelah dikurangi hari Minggu. Membangun rumah 1 lantai ukuran 100 M2, paling cepat pemerlukn waktu 3 bulan.

Cara menekan biaya pekerja adalah dengan cara memberikan insentif, misalnya makan, minuman, dll., agar mereka semangat dalam bekerja. Dengan mengeluarkan sedikit tambahan biaya tetapi hasil yang dicapai lebih tingg dari nilai yang kita keluarkan. Dengan cara begitu akan tertanam suatu hubungan kekeluargaan, kedekatan, sehingga mereka akan merasa malu jika hasil yang dicapai mengecewakan. Tentunya harus ada salah satu tukang senior yang kita pegang sebagai yang dianggap paling tua dan paling berpengalaman.

Itulah cara menekan biaya membangun rumah yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang saya uraikan tersebut kiranya ada manfaatnya bagi Anda yang memerlukan.

Updated: 27 Desember 2014 — 10:20 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme