Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Cara Menentukan Ukuran AC Split Sesuai Ukuran Ruangan

cara menetukan ukuran ac splitDengan mempertimbangkan kondisi suhu di rumah Anda yang mengharuskan untuk menggunakan AC Split, sehingga pada saat ini Anda sedang merencanakan untuk membeli beberapa unit AC Split untuk dipasang pada beberapa ruangan.

Setiap ruangan memiliki ukuran yang berbeda, tentunya memerlukan AC Split dengan ukuran/kapasitas yang berbeda pula. Penggunaan AC harus sesuai dan tepat dengan ukuran ruangan, sebab kalau tidak..maka penggunaan AC tidak akan efektif /efisien yang mengakibatkan pemborosan tenaga listrik. Oleh karena itu sebelum Anda pergi ke Toko Elektronik harus menghitung ukuran AC yang tepat untuk setiap ruangan.

Ukuran AC Split yang kita kenal sebagai orang awam adalah ½ PK, ¾ PK, 1 PK, 1½ PK, dan 2 PK. Untuk menentukan ukura AC yang akan dibeli ada cara/rumus untuk menghitungnya, yaitu:  Kebutuhan BTU = (L x W x H x I x E) / 60
L = Ukuran Panjang Ruangan (satuan feet)
W = Ukuran Lebar Ruangan (satuan feet)
I = Nilainya=10 feet apabila ruangan berada di lantai bawah, atau berhimpit dengan ruang lain; Nilainya=18 jika ruangan berada di lantai atas
H = Tinggi Ruangan  (satuan feet)
E = Nilainya=16 feet bila dinding yang paling panjang menghadap ke arah utara; nilainya=17 feet bila ruangan menghadap ke arah timur; Nilainya=18 feet apabila  ruangan menghadap ke arah selatan; dan nilainya= 20 feet bila ruangan/jendela menghadap ke arah.
BTU singkatan dari British Thermal Unit merupakan satuan energi yang digunakan di Amerika Serikat yang biasanya di definisikan per jam, menjadi satuan BTU/hour.
1 Meter  = 3,28 Feet



BTU AC Split berdasarkan Ukuran PK

  • AC ½ PK = ± 5.000 BTU/h
  • AC ¾ PK = ± 7.000 BTU/h
  • AC 1 PK = ± 9.000 BTU/h
  • AC 1½ PK = ±12.000 BTU/h
  • AC 2 PK = ±18.000 BTU/h

Contoh: Misal, Anda akan memasang AC Split pada ruang tidur dengan ukuran  5 x 5 m atau 16 feet x 16 feet, tinggi ruangan 3 m=10 feet, berhimpit dg ruangan lain, dinding panjang menghadap ke timur. Dengan data tersebut maka kebutuhan BTU = (16 x 16 x 10 x 10 x 17) / 60 = 7.253 BTU. Angka 7.253 berdekatan dengan angka 7.000 (AC ¾ PK). Jadi untuk kamar tidur Anda yang berukuran 5 x 5 meter cukup dengan menggunakan AC Split ukuran ¾ PK. Mudah bukan?

Dengan terlebih dahulu menghitung ukuran AC Split yang diperlukan, maka tidak akan terjadi kesalahan, sehingga AC Split Anda akan bekerja efektif dan efisien dan tidak terjadi pemborosan listrik akibat kesalahan membeli.
Sumber : purbakuncara.com

Updated: 15 Oktober 2014 — 6:04 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme