Cara Menentukan Ukuran Tangga dan Anak Tangga Rumah | Desain Rumah Sederhana

Homepage » Desain » Cara Menentukan Ukuran Tangga dan Anak Tangga Rumah

Cara Menentukan Ukuran Tangga dan Anak Tangga Rumah

October 3rd, 2012 0 Comments

desain tangga rumah minimalisApabila Anda akan membangun rumah bertingkat, maka mau tidak mau Anda harus menyediakan space untuk tangga. Dengan demikian maka Anda akan kehilangan sebagian spaceyang seharusnya dapat dimanfaatkan untuk ruangan. Hal tersebut kadang menjadi masalah untuk di lahan sempit seperti KPR-BTN lahan 60 m2.

Tangga sangat penting untuk akses antar lantai, oleh sebab itu tangga rumah harus dibuat dengan ukuran yang cukup, baik lebar tangga, lebar dan tinggi anak tangga. Lebar tangga sebaiknya dibuat minimum 80 cm, lebar anak tangga 30 cm, tinggi anak tangga 15 cm atau maksimum 20 cm. Semakin lebar dan rendah anak tangga akan semakin nyaman untuk dilewati,tetapi akan memerlukan space yang lebih luas.

Untuk rumah-rumah sederhana seperti KPR-BTN cukup menggunakan ukuran daun anak tangga lebar=30 cm dan tinggi=20 cm. Sedangkan lebar tangga=80 cm. Disamping anak tangga ada yang disebut bordes, yaitu anak tangga yang diberi ukuran lebar, gunanya agar pengguna tangga tidak merasa lelah dalammenaiki anak tangga. Lebar bordes biasanya 2 x lebar anak tangga. Kalau lebar tangga = 1m, maka lebar bordes = 2m. Bordes dipasang setiap ketinggian 2 m, kalau tinggi anak tangga 20 cm, maka setiap 10 anak tangga harus dibuat bordes, kalau tidak.. pengguna akan kelelahan,apalagi orang yang usianya sudah lanjut.

Cara menentukan ukuran tangga rumah:

Anak tangga dan bordes : Jika tinggi rumah dari lantai 1 ke lantai 2 = 3 m, menggunakan tinggi anak tangga 20 cm, maka jumlah anak tangga = 300 cm dibagi 15 dan dikurang 1 = 14 anak tangga sudah termasuk bordes, atau = perlu dibuat 13 bh anak tangga dan 1 bordes.

Luas space yang diperlukan : Jika lebar tangga = 80 cm, lebar anak tangga = 30 cm, dan lebar bordes = 2 x 80 cm = 110 cm, maka space atau luas ruang tangga yang diperlukan adalah : (13 (anak tangga) x 0,3 (lebar anak tangga) x 0,8 (lebar tangga)) + (1 (bordes) x 1,6 (lebar/panjang bordes) x 0,8 (lebar tangga) = 3,12 + 1,28 = 4,44 m2. Atau 5,5 m x 0,8. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat gambar tangga berikut :

Desain Tangga Rumah Sederhana Minimalis

Itulah materi desain rumah sederhana untuk postingan kali ini tentang bagaimana cara menentukan ukuran tangga, anak tangga rumah minimalis Anda, semoga ada manfaatnya.



Gimana posting saya..Teman SUKA?


Sign up free email newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

Comments are closed.

Desain Rumah Sederhana Search form
Rumah Dijual – Ciomas Bogor
tampak-depan

Alat Membuat RAB Rumah

Google PageRank Checker