Cara Mengecat Permukaan Kayu dengan Menggunakan Kuas | Desain Rumah Sederhana

Homepage » Arsitektur » Cara Mengecat Permukaan Kayu dengan Menggunakan Kuas

Cara Mengecat Permukaan Kayu dengan Menggunakan Kuas

April 20th, 2012 3 Comments

[Mengecat Daun Pintu Rumah]Pekerjaan mengecat merupakan pekerjaan finishing rumah, harus dikerjakan dengan baik dan teliti agar hasilnya baik dan berkualitas. Untuk pekerjaan finishing kayu (bagian bangunan yang menggunakan bahan kayu) harus dicat dengan teliti dan hati-hati agar hasilnya benar-benar rapi. Terutama untuk kusen dan daun pintu, sebab bagian bangunan ini merupakan tampilan sebuah rumah yang sangat kelihatan dan tampak jelas terlihat oleh banyak orang.

Untuk mengecat kusen, daun pintu, dan daun jendela yang menggunakan bahan kayu bisa menggunakan cat semprot, atau dengan kuas. Menggunakan cat semprot tentu saja hasilnya akan lebih baik, tetapi biayanya sangat mahal sebab harus menggunakan cat duco dengan bahan dasar seperti dempul dan plamur seperti halnya mengecat body mobil.

Di sini, saya akan menjelaskan tahapan-tahapan mengecat kayu dengan kuas dan menggunakan cat kayu biasa. Untuk dapat menghasilkan hasil pengecatan yang berkualitas baik.

Tahapan-tahapan mengecat kayu dengan menggunakan kuas sebagai berikut :

  1. Haluskan bahan kayu yang akan dicat dengan amplas agak kasar agar permukaan kayu bersih dari kotoran, seperti semen, bekas cat tembok dll.
  2. Beri lapisan cat dasar kayu (berwarna putih) satu kali. Gunakan cat dasar kayu yang berkualitas. Cat dasar kayu jarang didapat di toko material bangunan kecil, biasanga ada di toko-toko yang besar.
  3. Setelah dicat dasar, tunggu 1 hari.. lalu lapisi dengan plamur kayu berkualitas baik, atau merek yang sama, menggunakan kapek kayu.. tutup seluruh permukaan kayu sehingga pori-pori kayu tidak tampak lagi. Sebelumnya harus diamplas untuk menghaluskan lapisan cat dasar yang kasar (jangan terlalu keras) mengamplasnya.
  4. Setelah plamur kayu kering (biasanya 1 hari), kemudian lapisi lagi denga cat dasar yang agak encer. Setiap mengencerkan cat.. gunakan pengencer yang berkualitas.
  5. Selanjutnya setelah lapisan cat dasar kedua sudah kering (1 hari), gosok dengan amplas halus sampai rata dan licin. Jika masih terlihat pori-pori kayu lapisi lagi dengan plamur yang dicampur cat dasar, dan amplas lagi jika sudah kering.
  6. Berikutnya, setelah lapisan cat dasar kedua sudah diampalas sampai rata dan halus..dan didak tanpak pori-pori kayu, maka sudah siap dicat dengan cat kayu berwarna (sesuai selera). Untuk lapisan pertama, lakukan pengecatan dengan cat agak encer. Untuk lapisan kedua.. lakukan jika cat sudah kering (1 hari) dengan cat agak kental, dan sebelumnya diamplas selewat menggunakan amplas paling halus.

Begitulah cara mengecat menggunakan kuas untuk menghasilkan permukaan cat yang berkualitas. Memang, cukup lama antar setiap tahapan perlu waktu pengeringan (1 hari). Kalau hanya mengecat 1 pintu memang terasa lama untuk melakukan tahapan berikutnya, tetapi jika jika bagian yang akan dicat itu banyak (1 rumah), maka sebaiknya dilakukan dengan mengikuti tahapan-tahapan yang saya uraikan di atas.



semoga teman suka..


Sign up free email newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

3 Responses to “Cara Mengecat Permukaan Kayu dengan Menggunakan Kuas”

  1. eskorte jenter Oslo says:

    Saya perlu menuliskan pemberitahuan singkat di beli untuk terima kasih untuk semua saran yang fantastis menempatkan Anda di website ini. Pencarian internet saya berkepanjangan saat finish hari telah diakui dengan rincian handal dan teknik untuk perdagangan dengan rekan kerja saya. Saya akan menyatakan bahwa beberapa dari kami benar-benar serius pembaca beruntung tinggal di lokasi penting dengan individu yang sangat baik dengan pointer cukup beberapa wawasan.

  2. Sabino Saldanha says:

    Dengan Hormat,
    Saya sangat tertarik dengan tips mengecat permukaan kayu dengan menggunakan kuas.
    terima kasih banyak atas kerja sama yang baik

    many regards, sabino saldanha

 
Desain Rumah Sederhana Search form
Google+ Follower

Alat Membuat RAB Rumah

Facebook Follower
Link Partner
StatBlog
Google PageRank Checker