Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Cara Mengerjakan Pasangan Pondasi Batu untuk Rumah Tinggal

Pondasi merupakan bagian yang sangat penting dan dan menentukan kekuatan atau kokohnya sebuah bangunan rumah yang akan kita dirikan. Pondasi merupakan struktur utama dari sebuah bangunan selain struktur lainnya seperti sloof, kolom dan balok.

 



pondasi batu kali yang baiksuber gambar : muse-enterprise.blogspot.com

 

Bangunan rumah tinggal 1 lantai dan 2 lantai, umumnya menggunakan pondasi batu (batu belah atau batu kali). Untuk bangunan 1 lantai cukup menggunakan full pondasi batu, sedangkan bangunan 2 lantai atau lebih seharusnya kombinasi dengan pondasi plat beton yang dipasang  pada setiap pertemuan pasangan atau sudut dinding.  Istilah pondasi plat beton,  biasanya orang menyebutnya pondasi cakar ayam.

Untuk mendapat hasil pasangan pondasi batu yang baik, berkualitas, dan kokoh harus dilakukan dengan benar, dengan mengikuti beberapa langkah cara mengerjakannya yang diantaranya sebagai berikut:

  1. Buat galian pondasi sesuai ukuran gambar, baik lebarnya atau kedalamannya.
  2. Padatkan dasar galian dengan menggunakan alat pemadat, bisa menggunakan alat manual (sunda: timbris) atau hand stampler yang bisa disewa pada penyedia;
  3. Setelah dipadatkan, lakukan pengurugan dengan pasir urug setebal 10 cm dan dipadatkan;
  4. Di atas lapisan pasir urug kerjakan pasangan batu kosong atau kalau istilah teknik disebut pasangan aanstamping (pasangan batu belah tanpa adukan) setebal 20 cm. Posisi batu di berdirikan atau dimiringkan, kemudian dipadatkan dengan stampler;
  5. Setelah aanstamping dipasang dengan baik, di atasnya baru dipasang pondasi batu belah dengan menggunakan adukan campuran pasir dan semen.

Komposisi campuran adukan yang digunakan bisa menggunakan 1 semen : 3 pasir, 1 semen : 4 pasir, dan maksimal 1 semen : 5 pasir. Untuk campuran lebih dari 1 : 5 sangat tidak disarankan untuk pondasi bangunan.

Selain dari komposisi campuran yang tidak kalah pentingnya adalah harus memperhatikan kualitas bahan material, terutama pasir dan batu belah. Kalau semen sudah tidak perlu diragukan sebab semua merek semen sudah Standart Nasional Indonesia (SNI).

Pasir yang digunakan adalah pasir pasang. Kualitas pasir pasang yang baik adalah yang tidak mengandung tanah. Untuk mengecek kualitas pasir cukup ambil pasir dan masukan ke dalam ember (setengah ember adukan), kemudian siram dengan air bersih dan aduk. Apabila airnya berwarna coklat tanah dan pekat, maka kualitas pasir tersebut kurang bagus. Yang bagus segharusnya air berwarna hampir sama dengan warna pasir. Memang untuk mendapatkan pasir pasang berkualitas baik agak sulit. Biasanya pasir pasang yang berkualitas diolah pada penggaliannya dengan menggunakan alat modern, seperti pada penggalian pasir profesional.

Untuk batu belah yang berkualitas lebih mudah mengeceknya dari kekerasan batu. Batu yang baik adalah batu belah, bukan batu bulat. Batu belah yang baik tidak ada kulit luar yang terlapisi tanah. Sedangkan batu bulat yang tidak dibelah biasanya kulit luarnya terlapisi tanah, daya rekat adukan kurang baik. Untuk menghitung biaya pekerjaan pondasi batu kali harus menggunakan analisa harga satuan pekerjaan konstruksi (AHS-SNI) yang berlaku. Dalam merencanakan sebuah rumah tinggal, ketika membuat gambar desain rumah, maka ukuran pondasi harus ditentukan sesuai dengan ukuran bangunan.

Itulah sedikit tips dan cara mengerjakan pekerjaan pasangan pondasi batu untuk rumah tinggal. Sebuah rumah uang dibangun dengan pondasi yang berkualitas akan sangat menentukan kekuatan dan kokohnya sebuah bangunan rumah. Semoga bermanfaat!

Updated: 8 Oktober 2014 — 7:05 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme