Desainrumahsederhana.Com

Sharing dan berbagi info seputar gambar rumah, denah, tampak, potongan, 3 dimensi, dan rab membangun rumah.

Cara Menghemat Biaya Renovasi Rumah KPR BTN Type Kecil Sederhana

Sebagaimana Anda ketahui bahwa mayoritas pemilik rumah sederhana KPR BTN adalah masyarakat menengah ke bawah, walaupun pada kenyataannya ada juga pemilik yang kelas atas.. tapi tidak banyak.

Tidak sedikit rumah KPR yang sudah dihuni puluhan tahun, tapi kondisi bangunan masih original..atau hanya ditambah sekedarnya. Hal ini dapat dimaklumi, pada saat ini begitu tingginya biaya untuk merenovasi bangunan. Untuk daerah Jabodetabek kisaran biaya renovasi rumah sederhana berkisar antara 1,5 s/d 2 juta rupiah per meter persegi.

Berikut ini ada bererapa cara untuk menghemat biaya renovasi rumah, bagi yang memiliki biaya pas-pasan, sbb :



  1. Manfaatkan bangunan eksisting, jangan dibuang habis.
  2. Untuk memperkuat konstruksi bangunan eksisting, tambahkan penguatan pondasi setempat di bawah kolom lama.
  3. Perkuat beton eksisting (sloof, kolom dan ring balk) dengan adukan beton yang benar (1pc:2 pasir:3 split). Adukan beton eksisting biasanya tidak sulit untuk membongkarnya.
  4. Kupas plesteran tembok yang rontok dan ganti yang baru.
  5.  Jika akan membuat lantai tingkat 2, ganti tulangan kolom yang akan memikul lantai 2 dengan besi 10 atau besi 12.
  6. Gunakan tenaga kerja sistem harian, dan tugaskan seorang mandor bangunan yang berpengalaman untuk mengatur dan mengawasi(digaji harian). Dengan sistem harian, kualitas bangunan akan lebih terjamin, progress terkontrol, mudah memberhentikan tenaga kerja yang dianggap tidak sesuai.
  7. Proporsi tenaga kerja : 3 orang tukang : 5 pekerja, 1 mandor
  8. Pengadaan material sebaiknya dilakukan sendiri by phone pada toko/material langganan kita dengan jumlah dan jenis material sesuai list permintaan mandor.

Demikian, dengan menggunakan bagian bangunan eksisting, pembayaran cara harian, belanja sendiri by phone..akan mengurangi biaya.

Desain Rumah Sederhana © 2015 Frontier Theme