Cara Menghemat Biaya Renovasi Rumah KPR BTN Type Kecil Sederhana | Desain Rumah Sederhana

Cara Menghemat Biaya Renovasi Rumah KPR BTN Type Kecil Sederhana

March 27th, 2012 2 Comments

Sebagaimana Anda ketahui bahwa mayoritas pemilik rumah sederhana KPR BTN adalah masyarakat menengah ke bawah, walaupun pada kenyataannya ada juga pemilik yang kelas atas.. tapi tidak banyak.

Tidak sedikit rumah KPR yang sudah dihuni puluhan tahun, tapi kondisi bangunan masih original..atau hanya ditambah sekedarnya. Hal ini dapat dimaklumi, pada saat ini begitu tingginya biaya untuk merenovasi bangunan. Untuk daerah Jabodetabek kisaran biaya renovasi rumah sederhana berkisar antara 1,5 s/d 2 juta rupiah per meter persegi.

Berikut ini ada bererapa cara untuk menghemat biaya renovasi rumah, bagi yang memiliki biaya pas-pasan, sbb :

  1. Manfaatkan bangunan eksisting, jangan dibuang habis.
  2. Untuk memperkuat konstruksi bangunan eksisting, tambahkan penguatan pondasi setempat di bawah kolom lama.
  3. Perkuat beton eksisting (sloof, kolom dan ring balk) dengan adukan beton yang benar (1pc:2 pasir:3 split). Adukan beton eksisting biasanya tidak sulit untuk membongkarnya.
  4. Kupas plesteran tembok yang rontok dan ganti yang baru.
  5.  Jika akan membuat lantai tingkat 2, ganti tulangan kolom yang akan memikul lantai 2 dengan besi 10 atau besi 12.
  6. Gunakan tenaga kerja sistem harian, dan tugaskan seorang mandor bangunan yang berpengalaman untuk mengatur dan mengawasi(digaji harian). Dengan sistem harian, kualitas bangunan akan lebih terjamin, progress terkontrol, mudah memberhentikan tenaga kerja yang dianggap tidak sesuai.
  7. Proporsi tenaga kerja : 3 orang tukang : 5 pekerja, 1 mandor
  8. Pengadaan material sebaiknya dilakukan sendiri by phone pada toko/material langganan kita dengan jumlah dan jenis material sesuai list permintaan mandor.

Demikian, dengan menggunakan bagian bangunan eksisting, pembayaran cara harian, belanja sendiri by phone..akan mengurangi biaya.





Sign up free email newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

2 Responses to “Cara Menghemat Biaya Renovasi Rumah KPR BTN Type Kecil Sederhana”

  1. Lily says:

    Assalamu’alaikum wr wb.Mohon dibantu setska, biaya anggaran dan konsultasi.Kami ingin membangun lantai 2. rumah ada 2 masing-masing 1 are (berdampingan memanjang). Yang akan digunakan, 1 rumah atau 1 are arealnya.tanya :1. kami ingin membuat dak di atas satu rumah tersebut2. kami tambahkan 1 kamar ukuran lebih kecil untuk kos-kosan dengan 1 jendela dan sedikit tempat jemuran di dekatnya untuk kos-kosan (gambaran kami lokasinya jemuran dan kos di pojok atas) plus ada tangga dari pojok juga dari rumah yang di dak3. lalu 1 ruangan lagi dengan ukuran yang lebih besar (untuk keluarga) dengan jendela, kemudian ada areal untuk jemuran yang lebih luas untuk keluarga plus tangga khusus untuk keluarga yang turun ke garasi (agar privasi kost dan keluarga tidak terganggu)4. di sekitar ruangan kamar untuk keluarga ada kamar mandi sekaligus wc5. di pinggir rumah lantai 1 yg di dak (di tengahnya antara rumah 1 dan ke 2) rumah dijebol dan dibuat garasi untuk mobil dan motor6. rumah ke 2 yang tidak didak, karena genteng bocor dan kayu sudah lapuk akan diganti genteng, atap dan kayu baru7. jika masih mencukupi rencana dinding akan dikeramik (bukan prioritas)Kira-kira dengan dana 70jutaan bahan dan setska seperti apa yang cocok?TerimakasihMohon dibantu, kami tungguSemoga yang membantu selalu dicintai ALLAH SWT dan orang-orang disekitarnya. AMIN.Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  2. rumah dijual says:

    benar2 harus diperhitungkan biaya sebelum melakukan renovasi rumah.