Cara Menghitung Anggaran Biaya Bangunan Rumah (RAB) | Desain Rumah Sederhana

Homepage » rab » Cara Menghitung Anggaran Biaya Bangunan Rumah (RAB)

Cara Menghitung Anggaran Biaya Bangunan Rumah (RAB)

October 11th, 2012 0 Comments

cara Menghitung RAB RumahBagi yang tidak memiliki latar belakang ilmu sipil/arsitektur mungkin agak susah untuk memahami bagaimana cara menghitung anggaran biaya bangunan rumah. Tapi, sebenarnya tidaklah sulit seperti yang dibayangkan jika kita mau belajar, sebab buku praktis cara menghitung anggaran biaya membangun rumah (RAB) banyak dijual di toko buku.

Jika kita sedikit mengetahui cara menghitung RAB rumah, akan sangat membantu jika suatu saat kita punya biaya untuk membangun atau merenovasi rumah kita, sehingga tidak kebingungan bahkan tidak akan dikelabui orang yang mengerjakan bagunan rumah kita. Untuk dapat menghitung RAB rumah perlu mengetahui pengetahuan membaca gambar teknis bangunan, satuan pekerjaan bangunan, analisa harga satuan pekerjaan, material, dan upah tenaga.

Gambar Teknis :
Gambar teknis terdiri dari denah, tampak, potongan, dan gambar penjelasan. Dalam gambar teknis tertera ukuran-ukuran bangunan. Maka ukuran-ukuran tersebut diperlukan untuk menghitung volume satuan pekerjaan.

Satuan Pekerjaan :
Satuan pekerjaan adalah nama-nama item pekerjaan dalam bangunan, seperti pekerjaan galian tanah, pekerjaan pondasi, pekerjaan beton, pekerkaan pasangan batu bata, pekerjaan langit-langit, pekerjaan atap, pekerjaan lantai, pekerjaan sanitasi, pekerjaan pemipaan, pekerjaan elektrikal dan mekanikal, pekerjaan pengecatan/finishing, pekerjaan taman, dll. Bagian ini merupakan yang paling penting, dimana Anda harus menghitung volume satuan pekerjaan satu persatu mulai dari volume galian pondasi, volume pasangan pondasi, volume beton sloof dst.

Analisa Harga Satuan :
Analisa Harga Satuan adalah suatu pedoman baku yang setiap tahun diterbitkan oleh Pemda Kabupaten/Kota Madya sebagai dasar untuk menghitung harga satuan pekerjaan konstruksi yang saya sebutkan di atas. Analisa harga satuan pekerjaan yang siap digunakan tersimpan dalam bentuk file excel. Untuk dapat menggunakannya tentu saja harus familiar menggunakan MS-Office Excel. Perlu cukup waktu untuk mempelajari cara menggunakannya.

Daftar Harga Satuan Bahan
Daftar harga bahan suda ada dalam analisa harga satuan  dan harga satuan upah tersebut merupakan harga baku yang ditetapkan Pemda Kab./Kodya setempat,  harga satuan bahan tersebut biasanya lebih tinggi dengan harga di pasar, sebab termasuk pajak. Harga satuan bahan misalnya : Semen PC (50 kg) = Rp. 65.000/zak, Pasir cor = Rp. 210.000/M3, dst.

Harga Satuan Upah
Harga satuan upah juga sudah ditetapkan dan dibakukan dalam analisa harga satuan oleh Pemda Kab./Kodya dsetempat yang menerbitkan Analisa harga Satuan Pekerjaan SNI, upah kerja terlihat lebih murah dibanding harga upah di pasaran. Pemda memiliki kewenangan dalam menentukan standard upah minimum.

Untuk lebih jelasnya Anda harus mengetahui terlebih dahulu software Analisa Harga Satuan. Jika Anda ingin mendapatkannya silahkan download Analisa Harga Satuan Pekerjaan Konstruksi SNI 2011 di situs ilmutekniksipil.com. Caranya salin URL :   http://bit.ly/SPu2W8  ke browser internet di komputer Anda. Untuk lebih memudahkan dalam menghitung RAB rumah saya berniat akan berbagi alat bantu menghitung RAB rumah atau boleh juga disebut Software RAB Rumah Sederhana,  Anda cukup input volume satuan pekerjaan, maka RAB dan relapitulasi RAB secara otomatis langsung jadi.. sehingga anda tidak perlu pusing memformat RAB dan rekapitulasi.  Tapi tidak sekarang, mungkin pada posting desain rumah sederhana berikutnya.

rab


semoga teman suka..


Sign up free email newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

Comments are closed.

Desain Rumah Sederhana Search form
Google+ Follower

Alat Membuat RAB Rumah

Facebook Follower
Link Partner
StatBlog
Google PageRank Checker