Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Cara Merancang Desain Rumah Yang Nyaman Dihuni

Desain Rumah Yang Nyaman Dihuni – Kalau berbicara tentang rumah yang nyaman dihuni dapat dilihat dari berbagai sudut pandang atau dari berbagai sisi, bisa dilihat dari sisi lingkungan dan keamanan, luas lahan yang dibangun, ukuran dan luas bangunan rumah, rawan atau bebas banjir, lokasi, desain, dan sebagainya.

 



desain rumah yang nyaman dihuni

Dalam tulisan ini saya ingin mencoba berbagi bagaimana kita membangun rumah yang nyaman dilihat dari sisi desain. Rumah yang didalamnya panas, pengap, sumpek dan sebagainya merupakan hal-hal penyebab penghuni tidak nyaman untuk tinggal berlama-lama di dalam rumah. Untuk menghindari hal tersebut, maka ketika kita akan membangun rumah dapat membuat desain rumah agar rumah kita tidak panas dan sumpek.

Agar udara di dalam rumah tidak panas

  1. Kalau dengan jalan pintas agar rumah tidak panas, yaitu dengan cara memasang kipas angin atau AC. Dengan cara desain bukan begitu caranya, tapi bagaimana caranya agar di dalam ruangan udara selalu sejuk secara alami. Beberapa cara agar udara di dalam rumah selalu sejuk secara alami, kita harus mendesain rumah sebagai berikut:
  2. Tinggi plapond rumah diupayakan minimum 325 Cm dari permukaan lantai ke tutup plapond. Dengan ketinggian tersebut maka volume ruangan menjadi cukup besar dan dapat meredam panas yang masuk ke ruangan, baik panas dari luar rumah atau panas dari ruang atap.
  3. Kemiringan atap minimum 35 derajat agar tinggi kuda-kuda bertambah dan volume ruang atap menjadi lebih besar, sehingga dapat meredam panas yang diserap oleh tutup atap.
  4. Memilih material penutup atap yang dapat memantulkan panas, seperti genting keramik, atau genting bakar berlapis keramik.
  5. Membuat ventilasi ruang atap yang cukup lebar pada dinding sofi-sofi berupa jelusi, penutup plapon overstek dengan kisi-kisi, dll.

Agar ruangan pemandangan luas dan udara tidak pengap

  1. Setiap ruangan sebaiknya memiliki ukuran jendela kaca dan ventilasi yang lebar serta menghadap ke ruang terbuka.
  2. Menggabungkan ruang tamu dengan ruang keluarga, jika memerlukan penyekat maka gunakanlah penyekat yang dapat dipindah dan tidak terlalu tinggi.
  3. Membuat setiap ruang terbuka menjadi ruang terbuka hijau dengan tanaman-tanaman yang sesuai.

Itulah uraian singkat cara merancang desain rumah yang nyaman dihuni, semoga tulisan di atas ada manfaatnya.

Updated: 26 Agustus 2015 — 10:12 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme