Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Cara Merancang Model Atap Rumah Kopel

Kesalahan teknis dalam merancang model dan bentuk atap pada rumah yang berhimpitan seperti rumah kopel, sering menimbulkan permasalahan kebocoran yang susah memperbaikinya. Persoalan tersebut sering terjadi di lingkungan perumahan kopel seperti perumahan KPR type kecil, dimana antara rumah yang satu dengan lainnya berhimpitan, samping kanan dan kiri, dan belakang berbatasan langsung dengan tembok rumah tetangga. Jika ada salah satu yang melakukan kesalahan dalam membuat atap, maka akan berakibat terjadinya kebocoran, dan yang paling parah mengakibatkan kebocoran ke dinding rumah orang lain.

 

contoh model atap minimalis  Contoh Model Atap Minimalis (Lihat Gambar Desain Rumahnya)

Dalam merancang dan membuat bentuk model atap harus aman dari kebocoran, dan mudah pemeliharaannya. Membuat atap yang susah pemeliharaannya memerlukan biaya perawatan yang besar, apa lagi untuk rumah 2 lantai. Model bentuk atap yang mudah perawatannya harus mudah dijangkau tanpa harus menggunakan alat bantu yang biayanya relatif mahal. Bisa Anda bayangkan sebuah rumah 2 lantai dengan menggunakan model atap full genting, jika ada 1 genting bocor saja memerlukan biaya besar sebab tukang bangunan yang akan mengerjakannya memerlukan alat bantu untuk bisa menjangkau lokasi kebocoran tersebut.

Permukaan tembok bagian atas yang berbatasan dengan tetangga harus dikerjakan dengan ekstra hati-hati dan teliti jangan sampai pada suatu saat menimbulkan kebocoran pada rumah tetangga yang tentunya akan menimbulkan permasalahan baru.

Agar atap rumah aman dari kebocoran, mudah dan murah biaya pemeliharaannya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya sebagai berikut.

  1. Membuat bentuk atap yang sederhana minimalis. Bentuk atap sederhana minimalis lebih mengutamakan fungsi ketimbang faktor lainnya. Fungsi atap yang utama adalah menutup dan melindungi bagian dalam rumah dari hujan, panas matahari yang menyengat.
  2. Kombinasi atap plat beton dan  atap biasa (genting tanah, genting beton, genting metal, dst.). Desain atap dengan komposisi konstruksi atap plat beton dan genting akan memudahkan perawatan. Plat beton berfungsi untuk penampung dan talang air dari atap genting, sebagai lantai untuk memudahkan tukang bangunan yang akan melakukan perawatan, sebagai penutup atap pada bagian sisi bangunan. Dengan membuat desain atap kombinasi plat beton, kita juga bisa membuat ventilasi tambahan untuk ruangan di bawahnya.
  3. Saluran pembuangan air. Untuk saluran pembuangan harus menggunakan pipa PVC dengan ukuran diameter cukup dan jumlah titik yang sesuai dengan luas atap, agar air hujan yang tertampung pada atap plat beton akan mengalir dengan baik, dan PVC yang digunakan menggunakan jenis AW dan berkualitas baik akan tahan lama.
  4. Lubang pembuangan air. Setiap lubang pembuangan harus dipasang saringan agar tidak ada sampah masuk pipa PVC yang akan mengakibatkan penyumbatan.  Penyumbatan sampah pada pipa PVC pembuangan akan mengakibatkan air tidak mengalir dan menggenang pada plat lantai beton.

Itulah sekelumit tentang cara merancang model atap rumah kopel agar mudah dan murah biaya perawatannya dan tidak menimbulkan masalah kebocoran baik pada rumah sendiri maupun orang lain.



Updated: 14 Oktober 2014 — 6:33 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme