Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Cara Mudah Menghitung Anggaran Biaya Bangunan Rumah

Ketika  akan merencanakan membangun sebuah rumah, sudah barang tentu ingin mengetahui kebutuhan biaya yang diperlukan. Berapa kebutuhan biaya material dan biaya upah pekerja bangunan. Selain itu, juga ingin mengetahui rincian jumlah kebutuhan material.. berapa zak semen yang dperlukan, berapa m3 batu dan pasir, berapa m3 kayu, berapa m2 keramik dan sebagainya.

softrabBagi orang-orang yang tidak mengetahui cara menghitung sendiri anggaran biaya bangunan, biasanya mereka menayakan kepada tetangga yang pernah membangun, menanyakan kepada teman sekantor, atau bagi yang memiliki biaya meminta banguan seorang ahli dibidangnya. Satuan biaya membangun bisa dengan melihat biaya per m2 borong bahan dan upah, atau m2 hanya borongan upak kerja saja.

Ada cara mudah untuk dapat menghitung sendiri anggaran biaya bangunan (RAB), yaitu dengan menggunakan Software RAB Bangunan Rumah. Dengan alat bantu software RAB Anda dapat meghitung sendiri anggaran biaya bangunan menggunakan program ms-excel. Anda cukup menghitung volume pekerjaan misalnya pondasi (m3), lantai (m2), plapond (m2), atap (m2), dsb. Volume pekerjaan yang sudah Anda hitung tinggal diinput ke software RAB dengan format file excel. Setelah semua diinput, Anda juga perlu merubah harga satuan material dan upah pekerja bangunan sesuai harga setempat. Sepelah semua diinput ke software, maka biaya bangunan rumah sudah selesai, termasuk daftar material yang diperlukan. Untuk mendapatkan software tersebut Anda perlu mengeluarkan sedikit biaya.. baca info selengkapnya di sini..

Setelah mengetahui cara penggunaan software RAB, maka Anda tidak perlu lagi menanyakan biaya membangun rumah kepada orang lain, sebab Anda sudah dapat menghitung sendiri. Dengan bisa mengitung sendiri RAB rumah Anda, maka Anda bisa melakukan penawaran harga borong kepada orang yang biasa memborong pekerkaan bangunan rumah, baik sistem borong tenaga saja, atau borong bahan tan tenaga. uka sudah bisa menghitung biaya bangunan sendiri, Anda juga tidak akan dengan muudah dikelabui orang yang akan mengerjakan bangunan rumah Anda.



Itulah informasi cara mudah menghitung sendiri biaya bangunan rumah dengan menggunakan alat bantu yaitu Software RAB Rumah yang dapat digunakan oleh siapa saja termasuk orang awam dibidangnya.

Updated: 5 November 2012 — 1:48 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme