Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Cara Mudah Menghitung RAB Rumah Bagi Orang Awam

Tips dan Cara Mudah Membuat RAB RumahAda cara mudah untuk menghitung RAB rumah bagi orang awam, yaitu dengan menggunakan alat bantu, dan alat bantu tersebut saya beri nama “Software RAB Rumah“. Yang saya maksudkan orang awam disini adalah yang kurang memiliki keahlian bangunan/arsitektur/sipil. Jadi, dengan bantuan Software RAB, sambil belajar sedikit.. siapa saja nantinya akan bisa membuat RAB rumah, minimum untuk rumah sendiri.

Apabila kebetulan pada saat ini Anda sedang merencanakan akan membangun rumah dalam waktu dekat dan belum memiliki RAB rumah, maka kehadiran Software RAB akan sangat membantu Anda untuk mengetahui berapa biaya yang diperlukan untuk membangun rumah. Anda juga akan mengetahui rincian kebutuhan material untuk bangunan rumah Anda termasuk biaya mengerjakannya.

Alat tersebut sengaja saya buat untuk membantu Anda yang ingin bisa membuat sendiri RAB rumah.  RAB rumah memang sangat diperlukan oleh siapa saja yang akan merencanakan membangun rumah, sebab dengan adanya RAB rumah, maka kita akan dapat mengetahui dengan pasti berapa upah kerja, berapa jumlah masing-masing material yang harus dibeli. Dengan memiliki RAB rumah, kita juga bisa memilih sistem kerja yang akan diterapkan.. apakah kerja borongan hanya bahan, hanya upah saja, atau keduanya.. atau sistem kerja harian.

Di dalam RAB rumah juga akan terlihat gambaran seperti apa kualitas bangunan rumah yang akan kita bangun nanti, dan semua akan itu terlihat dari bahan-bahan material yang digunakan dancampuran adukan yang akan diterapkan.

Cara membuat RAB rumah diawali dengan menghitung volume setiap pekerjaan yang dimulai dengan menghitung volume pekerjaan pondas (galian pondasi, pasangan batu, dan urugan tanah kembali). Kemudian volume pekerjaan pasangan dinding menggunakan bahan tertentu dan perekat tertentu, Volume pekerjaan : beton sloof, beton kolom, ring balok beton, plat lantai beton dan seterusnya.

Untuk dapat menghitung volume pekerjaan tersebut, tentunya harus berdasarkan gambar teknis mulai dari gambar denah, tampak, potongan dan detail. Gambar tersebut bisa dibuat sendiri secara sederhana, mencari gambar gratis di internet sesuai luas tanah dan bangunan yang akan kita bangun, atau meminta bantuan konsultan atau teman kerja yang memiliki pengetahuan sesuai bidangnya. Walaupun yang yang awam, sebenarnya tidaklah sulit untuk menghitung volume pekerjaan bangunan, asalkan sedikitnya bisa membaca gambar, dan bisa menghitung volume kubus, volume limas, dan luas persegi panjang.

Apabila Anda sudah bisa menghitung volume pekerjaan, maka volume pekerjaan tersebut tinggal Anda input ke Software RAB.. maka RAB rumah Anda secara otomatis langsung jadi, dan Anda akan mengetahui semua yang diperlukan untuk membangun rumah Anda. Satu lagi Anda harus familiar menggunaka Excel, sebab software RAB adalah berupa file-file excel yang sudah diintegrasikan dengan Analisa Harga Satuan (AHS-SNI) dimana formula/rumus sudah saling ngelink baik antar file maupun antar sheet. Tugas pengguna hanya input data volume dan edit harga satuan bahan material sesuai harga setempat.

Untuk dapat mengetahui informasi lebih rinci sekaligus bagaimana cara menggunakan Software RAB, silahkan kunjungi website www.softwarerab.com. Semoga informasi tersebut berguna dan menjadi solusi bagi Anda yang kebetulan sedang mencari informasi seperti yang telah saya paparkan di atas.



Updated: 9 Mei 2014 — 3:59 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme