Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Desain Arsitektur Rumah Klasik Kuno Sederhana

Posting kali ini saya akan menyampaikan materi yang saya beri judul “Desain Arsitektur Rumah Kuno, Klasik & Sederhana“. Ide ini saya terinspirasi oleh sebuah rumah kuno di pedesaan, tepatnya di kampung halaman saya. Ketika itu saya masih anak-anak sekitar tahun 1970-an,  di desa saya ada sebuah rumah besar milik seorang warga yang tergolong paling kaya. Pada masa itu rumah tersebut tergolong paling bagus dan paling besar. Dengan dinding tembokyang  tinggi, ukuran kamarnya besar, atapnya tinggi dengan kemiringan yang curam, menggunakan genteng kodok yang merupakan genteng termahal di masa tersebut.

Rumah tersebut saat ini kosong sejak pemiliknya meninggal dunia puluhan tahun yang lalu, semua anak-anaknya tinggal di kota besar sehinggga rumah tersebut terlantar. Kondisi rumah tidak terpelihara, tetapi masih tampak kokoh.. hanya sayangnya saya sudah lama tidak mudik untuk mengambil gambarnya, sebab tidak terpikirkan untuk memposting dengan topik rumah tersebut di blog ini. Ketika mengingat rumah tersebut, saya terinspirasi dan terdorong untuk mengangkat sebagai topik desain rumah sederhana yang memiliki nilai arsitektur klasik,  unik, dan sederhana.

Rumah tersebut memiliki 3 kamar tidur yang besar, ruang tamu yang luas digabung dengan ruang keluarga. Ruang makan tersendiri dan dapur tersendiri di belakang. Dari ruang makan menuju dapur melewati lorong/koridor sekitar 20 m.  Sepanjang koridor  bagian kiri  merupakan taman dalam, sedangkan bagian kanan koridor ada beberapa ruangan, ada kamar mandi/toilet, ada gudang, ada ruang tidur pembantu dan ada serambi. Dapur yang terpisah dengan ukuran sekitar 20 x 15 m dibangun dengan dinding setengah tembok, terdiri dari ruang tungku, sumur (terbuka), dan lumbung padi. Untuk mengisi semua bak kamar mandi menggunakan air sumur dengan cara ditimba.

Semua kusen pintu, kusen jendela, serta daun pintu dan jendela bangunan utama (bagian depan) menggunakan kayu jati dipolitur. Ukuran kayu kusen pintu persegi sepertinya ukuran 12 x 12 cm, tinggi langit-langit rumah sepertinya 4 m.



Mungkin itu saja yang masih kuingat tentang rumah tersebut, dan saya akan mendesain ulang dengan mengadopsi sebagian dari tata ruang dan gaya arsitekturnya. Sepertinya rumah tersebut kalau dilihat dari bentuk atap dan lekuk-lekuk ruangan memiliki gaya arsitektur bangunan rumah-rumah kono jaman belanda.   Jkia diaplikasikan di perkotaan ukuran rumah sebesar  iti hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu.  Rumah tersebut  dibangun di atas lahan kurang lebih setenga hektar atau 5.000 m2.  Kalau sudah selesai saya buat denahnya, akan saya tampilkan di postingan halaman ini. Sampai jumpa

Updated: 30 Oktober 2012 — 2:06 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme