Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Desain Atap Rumah Tanah Sempit Lebar 6 Meter

Membuat atap rumah dengan lebar tanah 6 meter sudah dapat dipastikan akan merapat dengan tetangga sebelah. Rumah dengan lebar tanah 6 meter umumnya kita temui di lingkungan perumahan KPR type kecil. Luas dan ukuran tanah di lingkungan perumahan tersebut umumnya 60 m2 (6 x 10 m), 72 m2 (6 x 12 m), 90 m2 (6 x 15 m), dan 50 m2 (5 x 10 m).

desain atap rumah di atas lahan sempit 6m

Rumah 2 Lantai Lebar tanah 6 Meter

 

Dalam membuat atap rapat dengan rumah tetangga, biasanya sering terjadi permasalahan yang menjengkelkan yaitu kerap kali terjadi atap bocor pada tembok yang berbatasan dengan rumah tetangga. Kejadian seperti itu sering kali menimbulkan permasalahan, saling menyalahkan dan menjadi bahan pertengkaran antar tetangga hanya dengan masalah yang sepele.

Rumah yang posisinya di tengah akan berbatasan dengan 3 dinding rumah tetangga yang berpeluang mengalami kebocoran. Kalau atap rumah kita bocor dan bocorannya masuk ke rumah tetangga, maka tetangga kita akan ngomel, begitu pula jika terjadi hal sebaliknya.

contoh gambar desain atap rumah tanah sempit

Contoh Desain Atap Rumah Yang Aman dari Bocor

 


Sehubungan dengan hal tersebut, maka desain atap untuk tanah sempit harus benar-benar dibuat aman dan mudah pemeliharaannya. Cara membangun rumah dan mendesain atap agar kalau terjadi retak/bocoran di tembok batas bagian atas tidak menembus ke dalam rumah, baik ke rumah kita maupun tetangga adalah sebagai berikut:

  1. Apabila kita membangun rumah belakangan, maka pasangan dinding bata yang berbatasan dengan tetangga harus diberi rongga 2 sampai 3 cm dan jangan sampai tertutup adukan (kebanyakan tukang menutup rongga sebagai plesteran),  tukang yang mengerjakan harus dipesan jangan sampai lupa. Hal ini penting sekali untuk menjaga apabila terjadi retak pada ujung tembok batas, maka air akan merembes ke rongga tersebut.
  2. Apabila kita yang lebih dulu membangun rumah, maka dinding luar harus diplester dengan adukan kedap air (1 semen : 3 pasir, atau 1 semen : 2 pasir), dan acian dibuat lebih tebal dari biasanya, dan dicat finishing kedap air 3 x (jangan diplamur/dempul). Jika Anda membangun lebih duluan dengan konstruksi dinding tersebut dipastikan akan aman dari bocoran tetangga walaupun tetangga kita membuat tembok batas dirapatkan. Tetapi kalau Anda mampu menjelaskan point 1 kepada tetangga, maka alangkah baiknya tetangga kita mengikuti point no. 1 demi kenyamanan bersama.
  3. Konstruksi atap yang aman  (seperti gambar di atas) adalah kombinasi atap plat beton bertulang kedap air (dicat kedap air) dan atap biasa (genting). Dengan desain atap seperti itu sangat memudahkan perawtan apabila terjadi bocoran atap, sehinnga mudah mengontrolnya. Berbeda dengan bangunan pada lahan luas, kita bisa membuat atap dengan memiliki overstek.

Kiranya seperti itulah cara membangun rumah dan mendesain atap yang aman dari bocoran dinding tembok perbatasan  yang kerap kali menimbulkan permasalahan antar tetangga. Hal tersebut sepertinya sudah merupakan hal yang umum bagi penghuni rumah di lingkungan perumahan lahan sempit seperti kompleks KPR type kecil. Semoga bermanfaat!

Updated: 3 September 2014 — 8:41 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme