Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Desain Rumah Gaya Arsitektur Eropa Kuno

Gaya Arsitektur Eropa Kuno dibawa ke Indonesia oleh bangsa Belanda. 350 tahun atau 3,5 abad lamanya tanah air kita dijajah oleh bangsa Belanda. Begitu lamanya mereka menjajah negeri kita. Dalam kurun waktu yang sangat panjang tersebut pengaruh budaya dan adat istiadat bangsa belanda secara perlahan-lahan melekat pada bangsa kita. Anda bisa melihat sendiri bangsa kita yang pada saat jaman penjajahan belanda memiliki posisi penting, atau yang dikenal sebagai “Priyai” yang gaya hidup dalam keluarga¬† banyak aturan. Bukan hanya itu, budaya arsitektur bangunan gedung termasuk rumah tinggal juga melekat dalam kehidupan masyarakat. Maka tidak heran jika Anda¬† melihat bangunan-bangunan rumah kuno milik bangsa kita yang persis meniru gaya arsitektur Eropa.

Gaya arsitektur bangunan Eropa kuno yang dibawa bangsa Belanda ke Indonesia memiliki ciri-ciri diantaranya, pasangan dinding tembok yang tebal, lapisan batu alam pada dinding luar bangunan, bentuk atap limas dengan kemiringan atap yang tajam, warna putih sebagai warna khas, lubang ventilasi yang berbentuk kotak dengan ornamen plesteran yang ditonjolkan. Ciri-ciri tersebut bisa Anda lihat pada bangunan-bangunan kuno kantor atau rumah tinggal yang sampai saat ini masih banyak kita temui di kota-kota besar seperti Jakarta, Bogor,dsb.



Bangunan stasiun kereta api, jembatan, kantor-kantor pemerintah, bangunan rumah tinggal para petinggi pemerintah di jaman penjajahan, dan jenis-jenis bangunan lainnya sering kita temui dan masih berdiri kokoh.

Sebagai salah satu contoh di desa saya (Sumedang) ada sebuah rumah kuno milik seorang terhormat di jaman Belanda sebagai Mantri Guru (Kepala Sekolah Dasar). Rumah tersebut masih berdiri kokoh di atas lahan kurang lebih 5000 m2 (setengah hektar) walaupun sudah dikosongkan selama puluhan tahun ditinggal penghuninya.

 

Contoh Gaya Arsitektur Eropa KunoGambar 1

Contoh Gaya Arsitektur Eropa Kuno 1Gambar 2.

Contoh Gaya Arsitektur Eropa Kuno 2Gambar 3.

Banyak para arsitek yang memadukan gaya arsitektur eropa kuno dengan gaya arsitektur modern, misalnya bentuk atap limas, pasangan batu muka, pasangan dinding tebal pada dinding bagian bawah.

Updated: 30 Agustus 2014 — 8:40 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme