Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai untuk Renovasi Rumah KPR Type 21

Kembali desainrumahsederhana.com akan berbagi desain rumah sederhana minimalis. Kali ini akan berbagi desain rumah untuk renovasi atau membangun rumah di perumahan KPR type 21 yang posisi rumah di tengah lahan mulai ukuran 6 x 10 meter ( 60 m2),  6 x 12 m (72 m2), dan  6 x 15 m (90 m2).

Apabila dibangun pada lahan 6 x 10 m, sebenarnya pas-pasan hanya ada teras lebar 1.5 m dan tidak memiliki halaman terbuka hijau. Sedangkan Kalau dibangun pada lahan 6 x 12 m, bisa ada halaman hijau selebar 2 x 6 m. Lebih bagus dibangun pada lahan 6 x 15 m, akan punya halaman 5 x 6 m.

Desain rumah 2 lantai dengan luas hampir 100 m2 ini,  saya rancang dengan tata ruang klasik dan sederhana, tetapi memenuhi persyaratan kesehatan dengan sistem penerangan dan ventilasi alami yang sempurna.  Rumah 2 lantai tersebut memiliki ruangan : 3  kamar tidur, ruang tamu/keluarga, dapur, garasi, 2 kamar mandi/wc, ruang belajar anak, dan ruang tempat cuci jemur.



Semua ruangan memiliki ventilasi langsung ke ruang bebas. Lubang ruang tangga ditempatkan di sisi taman belakang dengan ukuran cukup, selain berfungsi sebagai penghubung ruangan lantai 1 dan lantai 2, juga sangat berfungsi sebagai ventilasi udara yang akan membuat rumah menjadi sejuk.

Gambar 1. TAMPAK DEPAN

desain rumah minimalis - depan

Gambar 2 . DENAH LANTAI 1 DAN LANTAI 2

desain rumah sederhana minimalis - denah

Gambar 3.  TAMPAK SUDUT KANAN

desain rumah sederhana - sudut kanan

 

Gambar 4. TAMPAK SUDUT KIRI

desain renovasi rumah type 21 - sudut kiri

Gambar 5. TAMPAK ATAS (ATAP)

desain rumah minimalis mungil - atapDesain atap sangat kokoh dengan kombinasi plat beton bertulang dengan genting model plat bukan metal dengan rangka atap baja ringan. Dengan desain atap seperti itu akan sangat menghemat biaya perawatan.. asalkan dikerjakan oleh tenaga berpengalaman. Selain itu, konstruksi atap tersebut saya rancang dapat mengalirkan udara ke ruang lantai 2 melalui lubang-lubang ventilasi sekeliling atap di bawah ujung genting. Dengan demikian maka udara akan mengalir dengan baik ke lantai 2 dan diteruskan ke lantai 1 melalui lubang tangga.

Gambar 6. TAMPAK RUANGAN LANTAI 2

desain rumah minimalis type 21 - ruangan

Tampilan ruangan lantai 2, sangat simpel: terlihat 2 ruang tidur anak yang cukup luas, ada ruang belajar dan kamar mandi/ wc, serta ruangan untuk cuci jemur. Ruang cuci jemur belum saya beri atap, sebaiknya diberi atap tembus cahaya dengan konstruksi yang baik, ventilasi harus dirancang dengan baik.

Itulah desain rumah sederhana minimalis untuk Anda yang akan membangun rumah di lingkungan perumahan KPR type 21/60, 21/72, dan 21/90. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan arsitektur Anda.

Updated: 3 Januari 2014 — 11:56 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme