Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Desain Rumah Tropis

Rumah tropis adalah rumah yang dirancang dengan desain yang sesuai dengan iklim tropis seperti di Indonesia. Sebagaimana kita ketahui pada suatu wilayah yang beriklim tropis ada musim kemarau dan ada musim hujan. Pada saat musim kemarau terik matahari menyebabkan udara menjadi panas di siang hari, dan ketika musim hujan udara dingin dan lembab. Rumah yang sesuai dengan iklim tropis dirancang agar penghuni rumah tetap nyaman dari perubahan udara. Oleh karena itu rumah tropis dirancang dengan memiliki komponen-komponen yang dapat mengendalikan suhu udara di dalam rumah.



contoh desain rumah tropis - gambar 4Gambar 01

 

gambar desain rumah tropis 03Gambar 02

Untuk mengendalikan suhu di dalam rumah agar tetap memberikan kenyamanan bagi yang menempatinya yaitu dengan cara-cara sebagai berikut :

1. Kemiringan Atap dan Tutup Atap

Dengan memperbesar kemiringan atap sama dengan mempertinggi kuda-kuda, sehingga volume ruang atap menjadi besar. Dengan volume ruang atap menjadi besar akan berfungsi meredam suhu panas untuk tidak meneruskannya ke dalam ruangan. Tutup atap yang cocok untuk rumah tropis adalah genting gerabah atau genting keramik. Kemiringan atap minimum 30 derajat.

2. Dinding, Jendela dan Lubang Ventilasi

Dinding untuk rumah tropis harus memiliki ketinggian yang cukup, minimum tinggi plapond dari lantai = 300 cm. Penataan ruangan tertentu seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan sebaiknya digabung jangan dipisakan dengan dinding tembok agar ruangan menjadi terbuka. Dengan begitu maka ruangan selain tidak akan panas disiang hari, juga akan terkesan luas dan lega. Pada dinding yang menghadap ke luar sebaiknya dipasang jendela-lendela yang berukuran lebar dengan lubang-lubang ventilasi yang cukup pada bagian atas kusen jendela.

3. Taman dan Kolam Hias

Taman dan kolam hias yang ditempatkan pada rumah tropis akan sangat memberikan kesegaran dan kenyamanan, sebab tanaman dan kolam selain berfungsi sebagai dekorasi untuk keindahan yang enak dipandang, juga memiliki fungsi sebagai peredam panas dan sebagai filter udara.

4. Warna Cat yang digunakan

Pemilihan warna cat yang tepat pada bagian-bagian/komponen rumah termasuk pemilihan warna perabot, aksesoris/ornamen akan memberikan nuansa rumah tropis yang nyaman dan menyenangkan.

Selain dari ke empat point di atas mungkin masih ada komponen lain yang ada kaitannya dengan pengendalian suhu di dalam rumah, tapi dengan 4 poin penting di atas sudah cukup dapat mengendalikan suhu ruangan rumah.

Gambar-gambar di atas merupakan contoh rumah tropis yang memiliki ciri dan kriteria sebagai rumah tropis. Semoga beranfaat!

 

Updated: 27 Oktober 2014 — 5:04 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme