Gambar Perubahan Rumah KPR-BTN Type 21/60 | Desain Rumah Sederhana

Gambar Perubahan Rumah KPR-BTN Type 21/60

December 29th, 2012 0 Comments

Agar rumah KPR-BTN Type 21/60 dapat menjadi tempat hunian yang dapat memenuhi kebutuhan bagi penghuninya, baik kebutuhan ruangan maupun kebutuhan kenyamanan memerlukan penambahan ruangan dan penataan desain tata ruang dan desain arsitektur.

gambar rumah type21/60Untuk menata dan mengatur luasan lahan 60 m2 agar didapatkan desain tata ruang yang sesuai dan memenuhi syarat kesehatan sirkulasi uadara dan pencahayaan tidaklah mudah, berbeda dengan mendesain rumah di atas lahan yang cukup luas.

Apalagi untuk KPR-BTN lahan 60 m2 yang posisinya di tengah 1 kopel yang hanya memiliki ruang terbuka di bagian depan rumah. Samping kiri, kanan dan belakang sudah rumah orang. Walaupun rumah tetangga hanya 1 lantai dan rumah kita 2 lantai, kita tetap tidak dapat mengambil cahaya dan udara dari samping maupun belakang dengan cara memasang jendela. Hal tersebut harus dihindari, sebab akan membuat tidak nyaman orang lain.

Gambar di atas adalah gambar redesain rumah KPR-BTN type 21/60 menjadi type 100/60 2 lantai dengan 3 kamar tidur, 2 ruang keluarga, 2 kamar mandi/wc, ruang cuci jemur di lantai 2, dan garasi mobil ukuran 3 x 4,5 m. Dengan spesifikasi ruangan tersebut, maka untuk rumah type 21 dengan luas lahan 60 m2 sudah cukup memadai sebagai rumah hunian yang layak bagi penghuni yang memiliki kendaraan roda 4.

Pada desain rumah tersebut tidak ada ruang terbuka hijau/taman untuk ventilasi, mengingat pertimbangan kebutuhan 3 kamar tidur dan garasi mobil lebih diprioritaskan. Tetapi walaupun begitu, ventilasi udara dan pencahayaan tetap tidak diabaikan dengan cara lain, yakni di atas dapur dipasang plat lantai beton dengan penerangan gassbox, serta ventilasi roster dan cerobong udara. Sedangkan atap ruang tangga juga dengan diberi atap plat beton yang diberi penerangan glassbox, ventilasi urara roster agar udara dari atas bebas masuk ke ruang tangga.

Sign up free email newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

Comments are closed.