Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Harga Rumah Sederhana Wilayah Perkotaan Semakin Tak Terjangkau

harga rumah sederhanaHarga rumah sederhana di wilayah perkotaan semakin tinggi dan tak terjangkau oleh masyarakat berpenghasilan rendah. Hal tersebut disebabkan oleh semakin tingginga harga lahan pemukiman, harga bahan bangunan, dan upah pekerja bangunan.



Semakin tingginya harga lahan disebabkan oleh karena semakin sempitnya area pemukiman, dan kebijakan pengembangan tata kota. Pertambahan jumlah penduduk perkotaan yang setiap tahunnya meningkat akibat dari perpindahan penduduk dari desa ke kota, baik yang bekerja tetap maupun yang bekerja tidak tetap. Dengan pertambahan penduduk yang terus menerus setiap tahun, mengakibatkan kebutuhan akan pemukiman terus meningkat.

Bagi pekerja tidak tetap seperti buruh pabrik, pedagang musiman, dan sejenisnya mereka pada umumnya hanya memerlukan pemukiman sementara dengan cara menyewa atau mengontrak rumah-rumah petak, rumah kost dll. Tapi, untuk mereka yang mendapatkan pekerjaan tetap, pada umumnya mereka terus menetap dan memerlukan pemukiman tetap.

Untuk dapat rumah selama ini pada umumnya memanfaatkan fasilitas rumah kredit KPR sederhana. Tetapi pada saat ini untuk mendapatkan rumah seperti itu tampaknya semakin sulit, sebab harganya semakin tinggi seperti yang telah disinggung di atas. Sebagai contoh harga rumah di wilayah perkotaan Jabodetabek dengan luas tanah 60 m2 (6×10 m) dan luas bangunan 36 m2, kini harganya sudah di atas 100 juta rupiah (cash), bisa dibayangkan berapa harga kreditnya. Maka, tidaklah heran banyak yang sudah bekerja puluhan tahun sebagai karyawan/pegawai instansi swasta atau negeri yang belum memiliki rumah sendiri dan harus puas dengan menempati rumah sewa/kontrak.

Updated: 7 Juli 2014 — 9:45 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme