Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Hati-hati Kalau Anda Mau Memborongkan Bangun Rumah!

Tips Membangun RumahMembangun rumah dengan sistem borongan disatu sisi sangat cocok bagi pemilik rumah yang super sibuk dengan pekerjaan kantor atau bisnisnya. Tapi apabila sistem penunjukan pemborong tidak dilakukan sesuai prosedur, maka sangat rentan bagi pemilik rumah dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sehingga pemilik rumah dirugikan baik secara materil maupun moril.

Prosedur yang harus dilakukan dalam sistem kerja borongan  harus melalui proses penunjukan berdasarkan penilaian persyaratan-persyaratan tertentu  terhadap calon pemborong.  Apa yang harus dikerjakan, kualitas, kuantitas, serta biaya borongan bangunan harus tertuang dalam kontrak kerja yang ditanda tangani oleh kedua belah pihak, sehingga keduanya memiliki kekuatan hukum.

Sering ditemui dalam praktek sehari-hari sebuah pekerjaan borongan rumah ditinggal kabur oleh pemborongnya. Ada beberapa hal penyebabnya, diantaranya :



  1. Pemborong merasa rugi akibat melaksanakan pekerjaan dengan biaya terlalu rendah, atau harga bahan bangunan naik setelah pekerjaan dilaksanakan, atau penyebab lain.
  2. Pelaksanaan sistem borongan hanya berdasarkan kepercayaan, sehingga tidak dibuat kontrak kerja yang benar, rinci dan menjamin kedua belah pihak secara hukum, kualitas dan kuantitas pekerjaan jelas dan tertuang dalam kontrak kerja.

Membangun sebuah rumah kalau dianalogikan bisa diibaratkan seperti membuat kue. Kualitas kue sangat tergantung dari bahan-bahan termasuk komposisinya, yang nantinya akan menentukan harga dan nilai sebuah kue. Semakin baik bahan dan kualitas bahan yang digunakan, maka rasa kue akan semakin enak dan harganyapun semakin mahal. Begitu juga membangun rumah dengan sistem borongan, jika  tanpa kejelasan, tanpa kontrak kerja, tanpa dokumen pelaksanaan yang menjelaskan kualitas dan kuantitas bangunan yang harus dikerjakan.. mau seperti apa rumah jadinya? Oleh karena itu jangan sampai Anda mengeluarkan biaya untuk kue yang enak tetapi jadinya kue yang tidak enak.

Oleh karena itu hati-hatilah seandainya Anda akan membangun rumah idaman dengan sistem kerja borongan, baik borongan bahan+upah, maupun borongan upas saja. Untuk membangun rumah sederhana, saya sarankan lebih baik dan aman dengan menggunakan sistem kerja harian, sebab dengan sistem kerja harian tidak perlu menyiapkan dokumen-dokumen seperti untuk sistem borongan. Semoga bermanfaat!

Updated: 15 Juli 2014 — 4:34 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme