Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Hebel, Bata Ringan Semakin Dikenal dan Banyak Digunakan

hebel bata ringanMasyarakat golongan tertentu di perkotaan, baik di lingkungan perumahan maupun lingkungan pemukiman non perumahan pada saat ini sudah banyak yang menggunakan bata ringan (hebel) sebagai bahan material dinding bangunan rumah. Hal tersebut disebabkan karena hebel sudah semakin dikenal.  Hebel memiliki kelebihan : bobotnya ringan, memasangnya lebih cepat,  kedap air, dan kedap suara. Ukuran penampang hebel yaitu : 60 x 20 cm (60 = panjang, 20 = lebar), sedangkan tebalnya ada 2 macan yaitu 10 cm dan 7,5 cm. Cara membeli hebel bukan satuan seperti bata merah atau batako, tetapi per M3. Untuk menghitung jumlah hebel per M3 yaitu 1 M3 dibagi dengan volume hebel, silahkan hitung sendiri.

Penjelasan singkat mengenai keunggulan hebel satu persatu saya akan uraikan secara singkat, sebagai berikut:

Bobotnya Ringan

Karena hebel memiliki bobot yang ringan, maka akan mengurangi beban yang harus dipikul struktur, terutama beban dinding. Terutama untuk bangunan rumah 2 lantai, penggunaan dinding hebel jauh lebih ringan apabila dibandingkan dengan bahan material dinding lain, seperti berbagai jenis batako, atau bata merah bakar. Dengan ringannya hebel, maka konstruksi struktur bisa lebih disederhanakan sesuai beban yang dipikul, sehingga dalam hal ini dapat sedikit mengurangi biaya pembuatan konstruksi struktur seperti pondasi, kolom, sloof, dan ring balk.

Pemasangan lebih cepat

Pemasangan hebel menggunakan perekat semen instan (mortar) , ukuran penampang pasang hebel lebar (20 x 60 cm). Dengan ukuran penampang pasang hebel yang lebar dan dengan perekat (spesi) semen instant, maka pemasangan hebel jauh lebih cepat dibandingkan dengan bahan lain. Dengan lebih cepatnya pemasangan, maka biaya pemasangan menjadi lebih murah walaupun harga hebelnya sendiri relatif lebih mahal dari bahan lain. Selain ukuran penampang dan ketebalan hebel sama persis, maka hasil pasangannya rapi dan seragam sehingga plesteran bisa dibuat tipis. Apabila plesteran akan menggunakan adukan semen-pasir, maka biaya plesteran menjadi lebih murah.

Kedap air

Oleh karena hebel dibuat dari bahan kedap air, maka dinding rumah yang tidak memiliki atap overstek akan aman dari kelembaban yang diakibatkan oleh curahan air hujan. Tembok dinding yang terkena curahan air hujan biasanya tembok batas dengan tetangga. Tembok dinding yang lembab akan akan merubah warna cat dalam ruangan dan mengganggu kenyamanan penglihatan, juga akan mempengaruhi udara dalam ruangan dan tidak baik untuk kesehatan.

Kedap suara

Hebel memiliki sifat kedap suara dapat meredam kebisingan suara yang ada di luar dinding, misalnya dinding yang berbatasan dengan tetangga. Dengan dinding kedap suara, kebisingan suara di luar ruangan aka berkurang.

Itulah keunggulan dari hebel. Keunggulan hebel lainnya selain yang telah saya sampaikan di atas sebenarnya masih ada , namun empat kelebihan di atas merupakan kelebihan yang paling penting dan menarik minat masyarakat untuk menggunakan hebel dan meninggalkan bahan material lain yang selama ini banyak dan umum digunakan. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan hebel sebagai alternatif pengganti bahan lain, maka pada saat ini hampir semua toko bahan bangunan menyediakan dan menjual hebel.



Dengan kehadiran hebel sebagai bahan alternatif bahan material pasangan dinding, tentu saja berpengaruh terhadap omset produsen bata tradisional. Tapi, mengingat harga hebel masih relatif cukup mahal,  pengguna hebel saat ini masih terbatas untuk golongan tertentu  di lingkungan pemukiman masyarakat perkotaan, tapi tidak tertutup kemungkinan pada suatu saat nanti mungkin saja akan digunakan masyarakat umum di wilayah pedesaan apabila harga hebel bisa murah.

Itulah keunggulan hebel dibandingkan bahan material dinding lainnya, namun sayangnya harganya mahal..sehingga yang mampu menggunakan hebel masih terbatas golongan masyarakat tertentu.

Updated: 30 Oktober 2014 — 4:32 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme