Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Jenis Material Penutup Atap Rumah

Material penutup atap rumah yang paling umum digunakan adalah genting bakar yang terbuat dari tanah, baik di wilayah pedesaan maupun di perkotaan. Genting bakar sudah digunakan sejak jaman dulu. Produk genting bakar yang terkenal untuk daerah Jawa Barat adalah Genting Jatiwangi dan Genting Plered.

Pengguaan genting bakar sebagai penutup atap rumah sampai sekarang masih lebih banyak digunakan, walaupun sudah banyak bermunculan bahan material jenis baru seperti genting metal, dan genting keramik. Genting sirap, genting beton, seng gelombang, asbes gelombang sudah ada seka dulu tetapi hanya untuk bangunan-bangunan tertentu.

Genting Bakar

genting bakar jatiwangiSeperti yang telah disinggung di atas bahwa genting bakar merupakan jenis tutup atap yang paling banyak digunakan oleh masyarakat semua golongan. Kelebihan genting bakar adalah tidak merambatkan udara panas ke dalam ruangan. Hanya ada kelemahannya adalah kerapatannya kurang bila dibandingkan dengan jenis tutup atap lain. Pemasanggannya harus benar-benar teliti, dan dikerjakan oleh tukang bangunan yang ahli. Harga tutup atap genting bakar terjangkau oleh golongan berpenghasilan rendah, maka oleh sebabitu sampau sekarang, terutama masyarakat pedesaan menggunakan jenis tutup atap ini.

Genting Sirap

Genting sirap terbuat dari kayu. Jenis tutup atap ini jaman dulu banyak digunakan untuk bangunan-bangunan kantor gaya arsitektur Belanda, dan rumah rumah kuno. Sekarang sudah jarang digunakan karena bahan aterial tersebut sudah boleh dikatakan langka.

 

Atap Asbes dan Seng Gelombang

asbes gelombangJenis tutup atap ini lebih banyak digunakan untuk bangunan-bangunan pabrik. Untuk bangunan-bangunan yang ukuran dindingnya pendek kurang cocok, sebab ruangan akan panas. Jaman Perumahan Sederhana “Perumnas” atap asbes gelombang pernah digunakan.

 

 

Genting Keramik

genting keramikGenting keramik merupakan jenis atap pendatang baru pada dekade beberapa tahun ke belakang. Jenis atap keramik memiliki keunggulan tertentu dan tampilannya mewah, harganya juga cukup mahal bagi goleongan berpenghasilan rendah. Jenis atap ini sekarang banyak dihunakan untuk bangunan-bangunan kantor dan rumah-rumah menengah dan elit.

 

Genting Metal

genting metalGenting metal juga merupakan pendatang baru dengan memiliki keunggulan tertentu, ringan, tampilannya bagus. Sekarang banyak digunakan untuk rumah-rumah golongan tertentu dan gedung-gedung perkantoran, bahkan para pengembang properti saat ini benyak menggunakan tutup atap jenis ini.

Dalam memilih material penutup atap yang harus diperhatikan adalah kesesuaian dengan model bangunan, konstruksi struktur, serta material yang digunakan pada bangunan rumah yang sedang Anda bangun. Hindari penggunaan tutup atap yang memiliki beban berat untuk digunakan pad bangunan yang strukturnya (pondasi, beton sloof, beton kolom, dan balok beton)  kurang kokoh.

Itulah macam dan jenis material penutup atap yang selama ini digunakan. Untuk memilik jenis penutup atap tentunya Anda sendiri yang lebih tau, sebab tentunya disesuaikan dengan kualitas bangunan dan ketersediaan dana tentunya. Semoga apa yang telah saya sampaikan di atas ada manfaatnya dan dapat menambah wawasan tentang jenis material penutup atap.



Updated: 9 November 2014 — 8:48 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme