Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Kelebihan dan Kekurangan Tutup Plafon Bahan Gypsum

Plafon Bahan Gypsum – Bahan material untuk penutup plafon atau langit-langit banyak jenis dan pilihan, mulai dari bahan yang termurah sampai bahan yang termahal. Salah satunya adalah plafon bahan gypsum yang selama ini banyak digunakan pada rumah-rumah mewah dan elit.

tutup plapfond bahan gypsum

Tidak semua rumah cocok menggunakan plafon bahan gypsum, harus mempertimbangkannya dengan memperhatikan bahan penutup atap yang digunakan, sebab plafon bahan gypsum hanya cocok dipasang pada rumah yang menggunakan penutup atap yang benar-benar rapat tanpa ada percikan air.

Kelebihan penutup plafon bahan gypsum :

  • Jika dipasang dengan menggunakan rangka metal, pada sambungan tidak akan retak seperti menggunakan rangka kayu.
  • Penutup plafon gypsum akan tampak rata, rapi, dan keren tidak terlihat tonjolan kepala paku, sebab pada plafon bahan gypsum kepala paku dapat dibenamkan dan ditutup rapi dengan dempul gypsum.

Kekurangan penutup plafonf gypsum yaitu hanya kurang tahan terhadap air, tidak seperti bahan lain seperti GRC atau eternit asbes.

Rumah yang bagus dipasang gypsum adalah plafon lantai 1, untuk rumah 2 lantai, atau rumah yang penutup atapnya menggunakan genting yang benar-benar rapat tanpa ada percikan air hujan, misalnya penutup atap bahan metal dan plat beton kedap air.

Bahan gypsum selain dapat untuk tutup plafond sangat baik untuk digunakan sebagai dinding penyekat (partisi) pada rumah lantai 2 sehingga beban struktur menjadi ringan.

Bahan gypsum banyak digunakan oleh para pengembang properti sebagai penutup plafon pada rumah-rumah berkelas. Rangka plafon untuk gypsum tidak baik jika menggunakan bahan kayu, sebab hanya dalam waktu beberapa bulan saja setiap sambungan gypsum akan retak dan tampak jelek. Rangka plafon untuk gypsum harus menggunakan bahan metal yang tahan karat dan berkualitas baik.



Itulah kelebihan dan kekurangan dari bahan penutup plafon bahan gypsum. Tutup plafon bahan gypsum banyak dijual di toko bahan bangunan mulai dari kualitas sedang sampai kualitas terbaik. Jadi dalam memilih dan akan menentukan gypsum sebagai penutup plafon rumah Anda, pastikan dulu bahan penutup atap yang akan digunakan, baru memutuskan untuk penggunaan gypsum. Semoga bermanfaat!

Updated: 18 Januari 2015 — 8:57 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme