Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Keunggulan Bahan UPVC untuk Kusen, Daun Pintu dan Daun Jendela Rumah

Keunggulan Bahan UPVC –  Membuat kusen,  pintu, dan  jendela pada bangunan rumah pada umumnya orang-orang menggunakan bahan material kayu. Namun, permasalahan yang kerap kali terjadi pada kusen rumah yang terbuat dari kayu adalah diserang hama kayu seperti rayap dan bubuk yang sering kali membuat pemilik rumah menjadi jengkel dan mau tidak mau harus menggantinya dengan kusen baru, padahal usia rumah belum begitu lama sejak dibangun.

 

contoh kusen, pintu, dan jendela ban UPVC

Permasalahan kusen rumah diserang rayap atau bubuk sangat berkaitan dengan kualitas kayu yang digunakan. Semakin rendah kualitas kayu maka akan semakin rentan diserang oleh hama tersebut. Oleh sebab itu hanya penggunaan kayu yang berkualitas (kayu kelas 1)  yang aman dan relatif tahan lama terhadap serangan hama kayu. Tapi, lagi-lagi permasalahannya adalah harga kayu berkualitas kelas satu seperti kayu jati, kayu damar laut dan sebagainya yang tahan hama kayu, pada saat ini sangat langka, sehingga harganya sangat mahal, di atas 15 juta rupiah per meter kubik, dan tentunya hanya golongan tertentu saja yang mampu membeli bahan material kayu berkualitas.

Salah satu alternatif untuk mengganti bahan kayu untuk kusen, daun pintu, dan daun jendela yang selama ini umum digunakan diantaranya adalah menggunakan bahan aluminium. Sebagai kabar baik, ditengah-tengah permasalahan kelangkaan kayu berkualitas, kini telah hadir produk baru bahan alternatif pengganti kayu dan aluminium adalah bahan UPVC/PVC yang memiliki keunggulan-keunggulan, sehingga dapat dipilih sebagai bahan kusen, daun pintu, dan daun jendela.

UPVC yaitu bahan material yang merupakan plastik (Unplasticized Poly Vynil Chloride). Bahan UPVC adalah plastik yang diperkecil sifat plastisnya, sehingga tampilan dan wujud UPVC kelenturannya menjadi berkurang dan menjadi keras.  Sebelum dibuat kusen, UPVC diberi campuran bahan komponen anti ultra violet (UV).



Bahan UPVC ini pada awalnya digunakan oleh orang-orang Eropa dan Amerika, namun pada saat ini penggunaannya mulai menyebar ke seluruh ploksok belahan dunia, yang salah satu penyebabnya adalah terdorong oleh kelangkaan bahan kayu berkualitas akibat pembatasan penggunaan kayu (aksi global).

Keunggulan Bahan UPVC untuk kusen, daun pintu, dan jendela yang dibuat dari bahan UPVC memiliki keunggulan-keunggulan : mudah perawatannya, hemat energi, anti bocor, anti muai dan susut, kedap suara, anti rayap, dan anti karat. Dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki UPVC tersebut, sangat cocok untuk penggunaan di Indonesia yang memiliki iklim tropis dengan perubahan cuaca dan kelembaban udara yang tinggi, sehingga kayu mudah lapuk dan diserang rayap. Penggunaan UPVC sangat ekonomis dalam jangka panjang, sebab dapat menghemat biaya perawatan rumah, dan UPVC memiliki daya tahan yang lama karena keunggulannya.

Sebenarnya UPVC telah diperkenalkan di Indonesia sebelum terjadinya krisis moneter pada tahun 1997. Pada waktu itu beberapa merek UPVC didatangkan dari negara Eropa yang harganya cukup tinggi, sehingga hanya kalangan tertentu saja yang dapat menggunakannya. Sedangkan sekarang UPVC didatangkan dari negara China dengan harga yang relatif murah dan terjangkau oleh masyarakat umum.

Itulah uraian singkat mengenai keunggulan bahan upvc untuk bahan kusen, daun puntu dan jendela yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat..

Updated: 3 November 2014 — 9:57 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme