Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Keuntungan Membangun Rumah tanpa Bahan Kayu

rang atap baja ringanMahalnya harga kayu berkelas seperti kayu kamper, borneo super mengakibatkan baiaya membangun semakin mahal.  Seiring dengan langkanya kayu-kayu tersebut, kini banyak orang membangun rumah menggunakan kayu lokal yang kualitasnya rendah dan usia pakainya pendek yang disebabkan cepat terserang hama kayu seperti rayap dan bubuk.

Menggunakan kayu lokal yang berkualitas rendah dalam membengun/renovasi rumah akan mengakibatkan biaya perawatan yang tinggi, sebab daya tahan kayu tersebut sangat sulit diprediksi dan rentan hama kayu. Jalan keluar untuk mengatasi masalah tersebut, maka dengan semakin berkembangnya teknologi bahan material, saat ini kita bisa membangun rumah tanpa bahan material kayu .. 100% tanpa kayu, kecuali hanya bahan material penunjang sekali pakai.kusen-aluminium



Komponen utama bangunan rumah yang biasa menggunakan kayu :

  • Kusen pintu dan jendela
  • Daun pintu dan jendela
  • Rangka plapond/langit-langit
  • Rangka atap (kuda2-gording, balok tembok, kaso dan reng)
  • Listplank

rangka-plapond-hollowNah, pada saat ini semua komponen tersebut bisa tidak menggunakan kayu. Kusen dan daun pintu/jendela semuanya bisa menggunakan aluminium yang tentunya tidak akan diserang hama kayu, tahan air, dan tahan karat.. sehingga usia pakainya panjang. Rangka plapond bisa diganti dengan metal, yaitu besi hollow. Rangka atap bisa diganti dengan rangka atap baja ringan yang pada saat ini masyarakat sudah banyak yang menggunakannya. Listplank bisa diganti dengan listplank GRC.

Penggunaan kayu hanya sebatas untuk bahan pendukung seperti papan cor, kaso untuk bowplank.. yang sifatnya sekali pakai. Walaupun di awal biayanya terasa mahal, namun dengan jangka waktu yang lama kita tidak akan mengeluarkan biaya pemeliharaan yang besar. Seperti itulah keuntungan membangun rumah tanpa bahan kayu.

Updated: 18 Desember 2013 — 8:26 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme