Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Melestarikan Nilai Budaya Rumah Adat

Rumah Adat merupakan aset bangsa yang tidak ternilai  dan bagi negara dapat dijadikan sumber pendapatan yang besar apabila dikelola dengan baik, seperti halnya di Provinsi Bali, dimana Pulau Bali saat ini semakin terkenal di mancanegara yang mana nilai budaya rumah adat merupakan salah satu yang memiliki daya tarik bagai para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.



pelestarian nilai budaya rumah adatSumber: http://infobisnisproperti.com/keeksotikan-desain-rumah-jawa-joglo/desain-rumah-mewah-khas-jawa-joglo-asli/

Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta yang terkenal dengan nama singkatan TMII yang dibangun pada masa pemerintahan Orde Baru. TMII sangat terkenal sebagai tempat wisata nasional yang mana di dalam area wisata TMII dibangun miniatur Indonesia yang menggambarkan pelestarian budaya bangsa, salah satunya adalah pelestarian budaya rumah adat, seperti Rumah adat Bali, Rumah Adat Minangkabau, Rumah Adat Jawa, dll. Sebagai bangsa Indonesia kita harus merasa bangga dan kagum dengan dibangunnya TMII dan menurut saya merupakan karya besar yang memiliki nilai menjunjung tinggi budaya bangsa.

Kita sebagai warga masyarakat Indonesia secara individu semestinya juga ikut serta turut melestarikan budaya rumah adat dan budaya sesuai masing-masing, atau tidak tertutup kemungkinan untuk melestarikan rumah adat saudara kita yang lain. Dalam aplikasinya selain menerapkan full asli arsitektur rumah adat tapi menggunakan bahan material modern, sehingga manjadi desain rumah adat modern seperti gambar di atas “Desain Rumah Adat Jawa Modern”, atau dengan cara meniru sebagian gaya rumah adat asli hanya bagian-bagian tertentu kemudian¬† menggabungkan dengan desain rumah modern.

Para arsitektur dan desainer bangunan rumah memiliki peran yang sangat besar dalam melestarikan budaya rumah adat dengan cara merancang desain rumah modern yang dipadukan dengan desain arsitektur rumah adat, saya yakin mereka pasti dapat melakukannya.

Barangkali hanya itu yang dapat saya sampaikan sekilas tentang bagaimana upaya yang dapat kita lakukan untuk turut serta melestarikan nilai budaya rumah adat. Semoga bermanfaat!

Updated: 26 Agustus 2015 — 9:09 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme