Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Memaksimalkan Pasokan Cahaya Alami di Dalam Rumah

Apa perlunya memaksimalkan pasokan cahaya alami di dalam rumah? Baiklah saya akan berbagi pengalaman pada Anda tentang pentingnya cahaya masuk ke dalam rumah. Cahaya alami di dalam rumah tidak hanya berkontribusi memperbaiki suasana hati dan kesehatan para penghuninya, tetapi juga membantu menekan tagihan listrik rumah tangga. Oleh karena itu, ketika mendesain rumah, pertimbangkan akses agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah tanpa mengorbankan privasi. Eksplorasi berbagai opsi penggunaan kaca pada dinding dan atap. Kaca-kaca besar bisa dipakai pada bagian tembok yang tinggi atau jika rumah Anda dikelilingi pagar tertutup.



 

cahaya alami di dalam rumah

 

Desain semacam ini tidak hanya bermanfaat pada siang hari. Pada malam hari pun, bukaan-bukaan di dinding rumah akan membawa masuk cahaya lampu jalan dan menyumbangkan penerangan di dalam rumah. Anda pun tidak perlu menyalakan terlalu banyak lampu sendiri yang membebani daya listrik Anda.

Memaksimalkan pasokan cahaya alami di dalam rumah tidak hanya bisa dilakukan pada rumah yang belum dibangun. Merenovasi beberapa bagian rumah mampu mengurangi konsumsi listrik rumah tangga Anda. Tidak hanya Anda akan lebih jarang menyalakan lampu, ide-ide berikut ini juga sekaligus membantu menciptakan ilusi ruangan di dalam rumah Anda tampak lebih luas. Cara yang pintar untuk menaikkan nilai rumah jika suatu saat Anda ingin menjualnya. Tak seorang pun suka rumah yang gelap dan lembap karena kekurangan cahaya matahari.

Gunakan warna-warna terang

Cat dinding dan langit-langit rumah dengan warna terang. Putih merupakan warna terbaik untuk memantulkan cahaya alami. Jika Anda ingin warna lain, pilih gradasi warna yang sangat pucat atau muda untuk biru, hijau, kuning, atau abu-abu. Semakin pucat semakin baik! Hindari warna-warna berat dan gelap seperti oranye, jingga, merah, apalagi hitam yang menyerap cahaya. Cat pintu kayu dan kosen-kosen dengan cat high-gloss warna terang pula agar memantulkan lebih banyak cahaya.

Manfaatkan cermin

Cermin dengan tata letak yang benar bisa menyulap ruang gelap menjadi terang. Cermin besar di depan jendela atau lampu mampu menciptakan pantulan cahaya dalam jumlah yang signifikan. Jika Anda ingin kesan dramatis, gunakan ubin berbahan cermin di satu bidang dinding.

Ganti pintu Anda

Daripada memakai pintu yang terbuat dari kayu utuh, ganti dengan pintu yang memiliki panel kaca sehingga memungkinkan lebih banyak cahaya dari luar masuk ke rumah. Jika rumah Anda tersekat-sekat, teknik ini bisa menerangi bagian depan rumah. Pintu berpanel kaca tersedia dalam berbagai tingkat keamanan dan desain. Pilih sesuai kebutuhan dan selera Anda.

Pilih lantai yang tepat

Lantai kayu atau keramik berwarna terang dan berpoles merupakan cara lain memantulkan cahaya di dalam rumah. Semakin berkilap polesannya, semakin besar daya pantulnya. Hal ini juga berlaku jika Anda lebih memilih karpet. Hindari memilih warna gelap hanya demi menyembunyikan kotoran. Lantai berwarna terang yang kotor pun mudah dibersihkan dengan mengikuti berbagai tips rumah tangga di situs-situs yang bisa dipercaya untuk urusan membersihkan rumah.

Posisi furnitur yang benar

Jika mungkin, jangan menghalangi jalan masuk cahaya di dekat jendela dan hindari penempatan furnitur di samping jendela, khususnya furnitur yang besar dan berwarna gelap. Ingat, furnitur—sofa, kursi, meja, bufet—berwarna terang akan membantu membuat ruang terlihat lebih luas.

Kaca, kaca, kaca

Manfaatkan kaca sebanyak mungkin sebagai penyekat. Jika Anda memiliki halaman belakang yang dikelilingi pagar tertutup, Anda bisa memasang pintu geser berbahan kaca di bagian belakang rumah. Buka gorden sepenuhnya pada setiap jendela dan, lagi-lagi, pilih gorden berwarna terang.

Dengan menerapkan teknik-teknik di atas, tagihan listrik rumah tangga Anda akan berkurang cukup drastis karena konsumsi listrik untuk penerangan telah digantikan oleh cahaya alami. Rumah mungil pun akan tampak lebih luas.

Ditulis oleh Penulis Tamu : Ady Nugroho

Baca juga tulisan sebelumnya  TIPS MERENCANAKAN GARASI RUMAH

Updated: 29 Desember 2014 — 5:14 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme