Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Membangun Rumah 2 Lantai dengan Cara 2 Tahap

membangun rumah 2 lantai bertahapMungkin Anda adalah salah satu pemilikĀ  rumah di lingkungan perumahan KPR-BTN type 21/60 yang pada saat ini Anda sedang merencanakan untuk membangun rumah 2 lantai dengan cara 2 tahap, mengingat kondisi keuangan yang belum mencukupi untuk membangun secara keseluruhan, maka Anda dapat dapat merencanakan pembangunan bertahap, tetapi perencanaan desain rumah tetap harus secara keseluruhan.

UntukĀ  membangun rumah dengan cara bertahap, Anda harus mempertimbangkan bahwa bangunan yang dikerjakan pada tahap 1 jangan sampai diganggu (dibongkar) ketika membangun rumah pada tahap 2, sebab hal tersebut sama halnya dengan membuang biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu pembuatan perencanaan gambar desain dan RAB Rumah harus dibuat secara keseluruhan di awal.



Tips membangun rumah 2 lantai dengan cara 2 tahap :

  1. Buatlah gambar perencanaan dan RAB rumah secara menyeluruh di awal;
  2. Pembangunan tahap 1 dengan mengerjakan pekerjaan lantai 1 sampai dengan pekerjaan plat lantai 1;
  3. Pembangunan tahap 2 bisa dilakukan beberapa tahun kemudian sampai dana terkumpul.

Langkah-langkah mengerjakan bangunan lantai 1 (Pembangunan Tahap 1) :

  1. Pekerjaan pondasi harus sesuai rencana, konstruksi pondasi sudah dipersiapkan untuk bangunan 2 lantai, dengan demikian ketika membangun tahap 2 tidak lagi mengganggu pondasi;
  2. Pekerjaan beton sloof, kolom, dan ring balok, juga harus sesuai gambar rencana bangunan 2 lantai, komposisi adukan harus sesuai dengan rencana pada RAB, begitu pula penulangan besi;
  3. Pelaksanaan pekerjaan plat beton lantai harus dilakukan dengan baik, dengan adukan beton yang berkualitas, benar komposisi campuran adukannya, penulangan besi yang tepat, jangan sampai terja di bocor sebab plat beton tersebut harus kedap air karena akan dibiarkan terbuka dalam jangka waktu tertentu sampai ada rencana membangun tahap 2.
  4. Pekerjaan tangga juga harus diselesaikan pada tahap 1, sebab kalau tidak nantinya akan mengganggu.

Dengan selesainya pembangunan tahap 1, maka rumah lantai 1 siap dihuni. Ketika akan melaksanakan pembangunan tahap 2 (lantai 2), maka dalam proses pembangunannya tidak akam mengganggu bangunan lantai 1, juga penghuni rumah tidak akan terusik, paling hanya terganggu berisik oleh pekerja bangunan, atau mungkin berserakannya bahan material. Saya kira itu tidak terlalu bermasalah.

Itulah cara membangun rumah 2 lantai dengan cara 2 tahap. Dengan cara cara tersebut kebutuhan ruangan untuk sementara dapat terpenuhi tanpa harus membangun full yang tentunya harus menunggu sampai terkumpul dana jika dengan cara menabung uang, dan jika menggunakan fasilitas kredit bank.. maka jumlahnya pinjamannya tidak terlalu memberatkan. Semoga bermanfaat.

Updated: 30 September 2014 — 10:16 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme