Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Membangun Rumah Bisa Tanpa Material Kayu

membangun rumah tanpa bahan kayuPada era teknologi yang semakin canggih saat ini, mulai dari teknologi informasi, elektronik, otomotif, industri, dan lain-lain, dampak positipnya terasa dalam kehidupan sehari-hari, baik yang dirasakan langsung manfaatnya maupun yang hanya dapat dilihat. Di bidang industri bahan material bangunan, juga mengalami perkembangan yang sangat pesat, dimana banyak sekali ragam produk material bangunan, aksesoris dan ornamen yang diproduksi dengan menggunakan teknologi modern dan memiliki keunggulan-keunggulan yang tidak dimiliki oleh bahan material biasa.

Banyak bahan material bangunan yang dapat dijadikan alternatif pengganti bahan material kayu yang dapat kita gunakan. Bahkan pada saat ini kita bisa membangun rumah tanpa menggunakan material kayu sepotongpun, yaitu dengan kehadiran bahan material bangunan yang terbuat dari bahan metal yang berbobot ringan dan anti karat seperti bahan kusen, bahan rangka plapond, dan bahan rangka atap yang kesemuanya dapat dipilih sebagai alternatif pengganti kayu yang keberadaan kayu kelas 1 harganya sangat tinggi dan langka.

Bagian-bagian bangunan yang biasa menggunakan kayu yang sudah saya sebutkan di atas antara lain : kusen, daun pintu, daun jendela, rangka plapond, rangka atap, dan listplank akan saya jelaskan satu persatu, sebgai berikut:

Kusen Pintu dan Kusen Jendela

Bahan material yang selama ini digunakan adalah kayu, mulai dari kayu kelas 1 sampai kayu yang kualitasnya rendah. Saat ini kusen bisa diganti dengan bahan aluminium yang pada saat ini corak warna da kualitasnya tersedia sesuai dengan kemampuan. Dengan menggunakan bahan aluminium, maka kita tidak akan cemas lagi kusen rumah kita dimakan rayap yang selalu menjadi problem selama ini.

Daun Pintu dan Daun Jendela

Penggunaan kayu untuk daun pintu dan daun jendela bisa digantikan dengan kerangka aluminium dengan panel kaca, atau daun pintu fiber yang bercorak kayu yang saat ini sudah banyak dijual di toko-toko bahan bangunan. Dengan menggunakan bahan alternatif tersebut maka kelebihan bahan material tersebut tahan perubahan suhu, sehingga tidak akan menyusut dan mengembang ketika terjadi pergantian suhu/iklim seperti yang biasa terjadi pada pintu kayu yang kadang-kadang macet dan pada suatu saat longgar.

Rangka Plapond

Rangka plapond dari bahan kayu yang sering kali dimakan bubuk dan rayap bisa diganti dengan bahan metal, besi hollow galvalum yang anti karat. Kelebihan rangka plapond dengan bahan bahan metal yaitu dempulan sambungan tutup plapond tidak akan retak seperti menggunakan rangka kayu yang tidak tahan perubahan suhu. Tutup plapond dengan rangka behan metal besi hollow galvalum, bisa menggunakan GRC, gypsum, atau aqoustic. Plapond dengan rangka besi hollow akan terlihat rapi.

Rangka Atap

Rangka atap yang juga biasa menggunakan balok, kaso dan reng kayu bisa diganti dengan rangka atap baja ringan. Dengan menggunakan rangka atap baja ringan seperti yang telah disebutkan di atas tidak akan dimakan rayap dan hama kayu lainnya. Kelebihan lain baja ringan adalah memiliki bobot yang ringan, sehingga mengurangi beban struktur (pondasi, sloof, kolom, dan ring balk).



Listplank

Listplank yang biasa menggunakan papan kayu yang saat ini harganya mahal dan tidak tahan air bisa diganti dengan bagan GRC, atau listplank metal galvalum. Penggunaan listplank kayu tidak tahan air dan hama kayu. Dengan menggunakan bahan bukan kayu maka daya tahan listplank akan lama.

Rumah yang menggunakan bahan-bahan material di atas sebagai alternatif pengganti kayu, maka rumah rumah tersebut 100% tanpa bahan kayu, kecuali perabot mebel dan kitchen set.

Jadi dengan adanya bahan material berteknologi modern sekarang ini, kita bisa membangun rumah tanpa bahan kayu, sehingga biaya pemeliharaan akan semakin ringan.

Updated: 31 Oktober 2014 — 5:40 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme