Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Membangun Rumah Dengan Dinding Batako Tras, Biaya Murah

Ada banyak sekali bahan untuk dinding rumah, kalau bata merah bakar dan batako press beton sudah merupakan bahan material untuk dinding yang sudah umum dan hampir di setiap daerah pasti ada.  Bahan dinding yang tergolong baru dalam beberapa tahun kebelakang yaitu bata ringan atau hebel sudah mulai banyak digunakan dan sudah banyak tersedia di toko bahan bangunan.

Rumah dengan dinding batako teras

Batako tras atau batako putih yaitu batako jenis lokal yang bahan bakunya dari tanah tras + kapur + air, merupakan bahan material untuk dinding yang banyak digunakan di Jabotabek. Hampir semua masyarakat golongan menengah ke bawah menggunakan batako teras, sebab harganya sangat jauh lebih murah dibandingkan dengan bata merah.



batako-terasMembangun rumah dengan menggunakan batako tras, dari sisi kekuatan kalau dibandingkan dengan bata merah mungkin lebih kuat bata merah. Tapi kalau melihat dari sisi teknis, dinding bukan struktur.. dan hanya berfungsi sebagai bilik penutup. Barangkali kalau kita melihat rumah-rumah panggung dengan dinding bambu sebenarnya apa kuatnya dinding bambu. Yang jelas fungsi dinding hanya sebagai penutup, sedangkan kekuatan rumah panggung mutlak ada pada tiang-tiang dan balok bawah dan balok atas.

Begitu pula rumah dengan dinding batako teras, saya kira tidak perlu dirisaukan soal batakonya.. tetapi yang harus diperhatikan dan jangan diabaikan adalah kualitas konstruksi pondasi, sloof, kolom dan balok tembok di bagian atas dinding.  Sloof, kolom, dan balok tersebutlah yang harus kuat, tulangan + adukan harus memadai.  Kalau Anda kurang percaya, dengan sloof, kolom, dan balok yang kuat, seandainya pasangan batakonya dibuang/dibongkar, maka bangunan akan tetap kokoh berdiri tidak akan roboh.

Untuk pasangan batako tras, membuat ukuran sloof, kolom, dan balok, jangan asal asalan, gunakan ukurannya sesuai dengan ketebalan batako dan tinggi/lebarnya minimum 20 cm. Ukuran ketebalan batako teras ada banyak macamnya, 7 cm, 8 m, dan ada yang 10 cm. Lebar batako rata-rata  14 sd. 16 cm, sedangkan panjang antara 28 sd. 32 cm.

Dengan menggunakan bahan dinding batako teras, biaya membangun rumah menjadi jauh lebih murah. Yang menyebabkan menjadi lebih murah adalah, selain harga batako teras yang murah, pemasangannya juga lebih cepat sehingga tenaga kerjanya  murah, kemudian adukan pasangan dan plesteran lebih sedikit dan irit biayanya, sebab ukuran batako lebar dan permukaan pasangan batako lebih rata dibandingkan dengan bata merah.

Updated: 14 September 2014 — 7:26 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme