Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Membangun Rumah Dengan Sistem Kerja Harian Pasti Lebih Murah

membangun rumah sistem kerja harianMembangun rumah dengan sistem kerja harian pasti lebih murah bila dibandingkan dengan sistem kerja borongan. Kenapa bisa begitu? Inilah alasannya :

  1. Harga bahan bangunan menggunakan harga riil di toko material terdekat, bahkan harga material masih bisa nego. Sedangkan harga penawaran pemborong biasanya menggunakan harga standard Pemda sesuai harg material yang tercantum didalam Analisa harga Satuan – AHS SNI.
  2. Dalam sistem kerja harian tidak ada keuntungan pemborong, tidak perlu ada kepala tukang, kita cukup menunjuk seorang pengawas lapangan berpengalaman sekaligus sebagai mandor. yang bersangutan harus menguasai lapangan, memahami dan bisa membaca gambar, berpengalaman mengatur orang kerja, tegas dan jujur.
  3. Penggunaan bahan bahan bangunan bisa lebih hemat, efektif dan effisien, terutama untuk penggunaan bahan bangunan yang bisa digunakan berulang-ulang seperti papan bekisting, kita bisa menghemat sampai 50% dari total bahan bekisting.. mulai dai balok, kaso, papan cor, dan kayu lapis. Bahkan bahan-bahan tersebut bisa kita gunakan untuk pekerjaan lain seperti rangka plapond, rangka atap, atau pekerjaan lainnya. Sedangkan kalau dengan sistem kerja borongan bahan-bahan tersebut dianggap terbuang, dan anggaran bahan full masuk hitungan.
  4. Kualitas pekerjaan bisa lebih baik, misalnya pada kualitas campuran adukan semen pasir sangat kecil terjadinya penyimpangan.. sebab tidak ada kepentingan lain. Penyimpangan kualitas dalam sistem kerja harian bisa kita atasi.. asalkan sistem pengadaan material dikelola sendiri, atau kalau tidak bisa kita tangani langsung, sebaiknya untuk sistem keuangan dan pengadaan dipegang oleh saudara kita. Mandor/pengawas lapang jangan diberi tugas urusan pengdaan material + keuangan + pembayaran tenaga kerja.

Cara pengadaan bahan bangunan sebenarnya sangat mudah dan tidak menyita waktu, kita bisa booking toko bahan bangunan terdekat, kita pesan by-phone sesuai permintaan pengawas lapang/mandor. Hindari pengawas/mandor lapang jangan sampai bisa akses ke toko material yang kita booking dengan alasan apapun. Tugas pengawas/mandor hanya urusan teknis lapang dan mengawasi kinerja para pekerja bangunan.



Itulah sekilas mengenai membangun dengan sistem kerja harian pasti lebih murah apabila dibandingkan dengan sistem kerja borongan. Disamping lebih murah, kualitas bangunan bisa terjamin dari berbagai penyimpangan. Itu semua bisa kita capai dengan catatan asalkan manajemen keuangan dan pengadaan bahan material dikelola oleh seseorang yang bisa kita percayai kejujurannya, dan pengawas lapang/mandor yang kita tugaskan amemiliki pengalaman cukup dalam pekerjaan membangun rumah, berpengalaman mengatur pekerja, serta memiliki kecakapan dalam memahami dan membaca hgambar teknis bangunan.

Updated: 28 Mei 2014 — 5:41 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme