Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Membangun Rumah di Lahan Terbuka

Membangun Rumah Satu Lantai di Lahan TerbukaMaksud membangun rumah di atas lahan terbuka adalah membangun sebuah rumah di lahan yang cukup lebar, sehingga semua sisi bangunan rumah memiliki jendela dan ventilasi udara dan penerangan alami dari luar disiang hari langsung dari ruang terbuka hijau. Untuk mendapatkan bangunan rumah seperti itu memerlukan rasio perbandingan antara luas rumah dengan luas lahan minimal 2 : 3 atau 40% bangunan : 60% lahan. Rumah yang saya maksud adalah bangunan rumah  satu lantai, sebenarnya rumah yang nyaman untuk dihuni sampai penghuninya berusia tua.. adalah bangunan rumah 1 lantai.

Coba Anda perhatikan gambar desain rumah satu lantai yang ada di depan Anda (klik untuk gambar lebih besar), tampak asri, indah dan nyaman bagi penguninya..bukan ?  Pertimbangan orang membangun rumah 2 lantai adalah karena  lahan yang ada tidak memadai untuk memenuhi kebutuhan ruangan yang diperlukan.  Apabila ada orang membangun rumah 2 lantai, padahal lahannya masih luas, saya kira orang tersebut berlebihan dan membuang biaya.

Apabila Anda memiliki lahan 200 m2,  maka luas bangunan termasuk rabat, selasar, serambi/teras  hanya 80 m2. Luas rumah 80 m2 kotor, tidak akan mencukupi kebutuhan keluarga. Sebuah rumah kecil minimum memiliki 3 kamar tidur, 2 kamar mandi/wc, ruang makan, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, serambi depan, serambi belakang. Apabila dirinci berdasarkan luas, maka kebutuhan minimalnya sebagai berikut :

Perkiraan Kebutuhan minimum Ruangan

Perkiraan luas kebutuhan ruangan = 135 M2.  Lahan yang diperlukan untuk ruangan seluas 135 M2 misalnya 9 x 15 m. Lahan terbuka minimum yang diperlukan  3 meter dari dinding, lebih dari 3 meter lebih bagus. Jadi lahan minimum yang diperlukan adalah lebar (9+3+3 m) x (15+3+3) = 15 x 21 m = 315 M2.

Dengan memiliki lahan seluas minimum 315 M2 maka akan dapat dibangun rumah 1 lantai seluas 135 M2 yang memiliki  ruang terbuka di keempat sisi bangunan rumah.  Untuk dinding batas dengan orang bisa menggunakan pasangan dinding bata atau batako press beton.



Apabila Anda memiliki lahan kurang dari batas minimum, misalnya hanya 250 M2 tetapi tetap ingin membangun rumah seluas 135 M2 dengan tetap memenuhi kesehatan ventilasi dan penerangan alami, maka caranya dapat didesain  dengan berprinsip bahwa setiap ruangan memiliki jendela dan ventilasi ke ruang terbuka. Caranya ada beberapa bagian dinding dihabiskan, dan ada beberapa ruang terbuka sebagai taman dalam.

Updated: 12 Juli 2012 — 9:42 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme