Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Membangun Rumah Tanpa Menggunakan Kayu

Membangun Rumah Tanpa Menggunakan Kayu – Seiring kemajuan teknologi material bahan bangunan, pada jaman sekarang ini kita dapat membangun rumah tinggal tanpa menggunakan bahan kayu. Konstruksi rumah tanpa menggunakan bahan kayu memiliki banyak keuntungan, yaitu tahan lama dan hemat biaya pemeliharaan.

 

membangun rumah

Dengan adanya bahan material bangunan pengganti kayu, sebagian masyarakat kita saat ini sudah mulai beralih ke bahan pengganti kayu pada saat mereka membangun rumah tinggal mereka.



Bagian-bagian bangunan rumah yang menggunakan kayu diantaranya kusen pintu dan jendela, daun pintu dan jendela, rangka plapond atau langit-langit, kuda-kuda dan rangka atap, dan listplank. Semua bagian bangunan tersebut pada jaman sekarang ini dapat diganti dengan bahan non kayu. Dengan mengganti bahan kayu dengan bahan non kayu, maka bangunan kita akan terhindar dari hama pengerat kayu seperti rayap, bubuk, dan hama kayu lainnya, sehingga dalam jangka waktu yang cukup lama bangunan rumah kita akan bertahan sehingga biaya pemeliharaan dapat dihemat.

Macam-macam bahan material pengganti kayu diantaranya, sbb:
  1. Kusen pintu dan jendela kayu bisa diganti dengan kusen aluminium, dan bahan metal lainnya,
  2. Daun pintu dan jendela kayu, bingkai pintu dan jendela kaca bisa diganti dengan bahan aluminium, fiber, dan bahan metal lainnya.
  3. Rangka langit-langit kayu bisa diganti dengan bahan hollow, zink alum, dan bahan metal lainnya,
  4. Kuda-kuda kayu dan rangka atap kayu bisa diganti dengan bahan baja ringan yang memiliki daya tahan lama,
  5. Listplank kayu bisa diganti dengan listplank bahan GRC, fiber, dan bahan non kayu lainnya.

Kelima bagian bangunan yang dominan biasa menggunakan kayu bisa total diganti menggunakan bahan non kayu yang memiliki kelebihan yaitu tidak akan terkena hama kayu. Tapi walaupun begitu bukan berarti bahan-bahan tersebut selalu lebih baik daripada kayu, pasti ada kekurangannya, misalnya tidak tahan karat, mudah pecah, dll.

Beberapa alasan mengapa sebagian masyarakat kita terutama masyarakat perkotaan beralih ke bahan non kayu, sebabnya adalah pada oleh karera pada saat ini harga kayu berkualitas kelas I yang memiliki daya tahan lama harganya sangat tinggi, dan hanya orang-orang tertentu saja yang mampu menggunakan kayu kelas I seperti kayu jati, kayu kamper, kayu damar laut dll. Menggunakan kayu abal-abal yang harganya murah sangat beresiko tinggi dimakan hama kayu.

Itulah informasi yang mungkin ada manfaatnya bagi Anda yang ingin membangun rumah tinggal tanpa menggunakan kayu.

Updated: 26 Agustus 2015 — 9:28 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme