Membuat Adukan Semen yang Berkualitas | Desain Rumah Sederhana

Homepage » konstruksi » Membuat Adukan Semen yang Berkualitas

Membuat Adukan Semen yang Berkualitas

October 12th, 2012 0 Comments

Adukan Beton Berkualitas

Rumah adalah tempat bernaung yang seyogianya kokoh, kuat, dan aman dari bahaya gangguan alam yang sewaktu-waktu terjadi, seperti angin, gempa, pergeseran tanah dan sebagainya. Kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat adukan semen yang berkualitas untuk bangunan rumah, agar rumah yang kita aman, kokoh dan kuat. Adukan semen dalam bangunan  rumah kita merupakan komponen yang paling dominan dan sangat menentukan kokoh dan kuatnya bangunan rumah kita.

Pemilik bangunan-bangunan kecil seperti rumah tinggal, ketika sedang dibangun/direnovasi harus memperhatikan penggunaan adukan semen, baik untuk beton, pasangan batu/bata, atau untuk plesteran tembok. Proses pengerjaan adukan semen untuk bangunan-bangunan kecil hampir 100% dengan cara manual (sitemix), oleh karena itu dalam pelaksanaannya harus benar-benar dilaksanakan dengan benar dan mengikuti ketentuan standard konstruksi. Berbeda dengan proses pengerjaan proyek-proyek bangunan-bangunan besar hampir seluruh proses pembuatan adukan tidak lagi dengan cara manual, misalnya adukan beton menggunakan adukan beton jadi (readymix), adukan untuk plesteran menggunakan mesin beton molen atau plesteran jadi (semen mortar), dan untuk pasangan batu menggunakan mesin beton molen. Jadi untuk kekhawatiran bangunan-bangunan besar tidak diragukan, dan pengawasannyapun cukup ketat oleh tenaga ahli.

Saya di sini hanya akan menyoroti penggunaan adukan semen di rumah-rumah sederhana yang sering kita temukan di lingkungan perumahan ketika membangun atau merenovasi rumah. Mengingat tidak semua pemilik rumah mengerti hal tersebut, maka persoalan kualitas adukan semen kadang-kadang kurang diperhatikan ketika proses pengerjaannya oleh tukang bangunan. Segalanya diserahkan dan dipercayakan penuh kepada tukang bangunan.

Tetapi setelah bangunan selesai, misalkan terjadi hal-hal seperti : jika ada orang berjalan di lantai 2 rumah terdengar suara suara kaki dan bahkan lantai bergetar,  itu tandanya kualitas beton plat lantai rumah tersebut ada masalah. Lantai beton yang baik tidak boleh terdengar suara jika ada orang berjalan, apalagi bergetar. Masalah lain misalnya, acian tembok terkelupas dari plesteran, kemudian tembok banyak yang retak dll. Itu semua merupakan bukti nyata rendahnya kualitas dan mutu pekerjaan yang diakibatkan oleh rendahnya kualitas adukan semen yang digunakan.

Rendahnya kualitas adukan semen baik adukan beton, adukan pasangan, dan adukan untuk plesteran tembok, diantaranya disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut :

  • Acian terkelupas dari plesteran : adukan plesteran kurang semen atau pasir yang digunakan berkualitas sangat rendah banyak mengandung tanah.
  • Beton tidak mau keras : kurang semen, kualitas pasir beton dan split rendah banyak mengandung tanah, pasir pasang digunakan untuk adukan beton.
  • Plat lantai bunyi dan bergetar : penulangan lantai satu lapis, ukuran besi tulangan tidak sesuai, komposisi adukan tidak benar.
  • Tembok banyak retak rambut : kualitas plesteran tidak baik akibat pasir yang banyak mengendung tanah, adukan kurang semen.

Jadi,  yang sangat menentukan kualitas adukan adalah :

  1. Perbandingan campuran yang benar : (1) beton = 1pc : 2 pasir : 3 split; (2) Adukan pasangan dan plesteran : 1 pc : 5 pasir.
  2. Kualitas pasir : pasir beton maupun pasir pasang yang berkualitas adalah yang sedikit kadar lumpur/tanah.
  3. Kualitas split : split yang baik adalah dari bahan batu yang keras, tidak mengandung batu cadas/lunak.

Agar kualitas bangunan rumah Anda bermutu baik sesuai standard konstruksi, maka ketika Anda mempercayakan pekerjaan kepada tukang bangunan.. jangan sungkan-sungkan mengistruksikan agar dalam membuat komposisi adukan semen agar dilaksanakan sesuai dengan ketentuan standard konstruksi, dan menggunakan pasir dan split yang berkualitas baik. Itulah seputar adukan semen yang berkualitas atau bermutu baik sesuai standard konstruksi, semoga ada manfaatnya bagi Anda yang memerlukan.



semoga teman suka..


Daftarkan Email

Untuk berlangganan update artikel Blog ini via Email, Silahkan Masukan Email Anda:

Jangan lupa konfirmasikan email Anda

Leave a Reply to this Post

*
Desain Rumah Sederhana Search form
Google+ Follower

Alat Membuat RAB Rumah

Facebook Follower
Categories
StatBlog