Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Membuat RAB Rumah cara Otomatis Cukup 2 Langkah

Software RAB RumahMembuat RAB Rumah atau anggaran biaya membangun rumah dengan cara manual memerlukan waktu yang cukup lama yang tentunya banyak langkah yang harus dikerjakan secara manual, sedangkan kalau menggunakan Software RAB Rumah hanya perlu 2 langkah saja, lainnya dikerjakan secara otomatis dan RAB rumah langsung jadi. Kelebihannya lagi Software RAB selain membuat RAB secara otomatis, juga membuat rincian kebutuhan material secara lengkap.. dan rincian kebutuhan material ini tidak mudah dikerjakan secara manual.



Membuat RAB rumah dengan cara manual, memerlukan beberapa langkah pekerjaan sbb :

  1. Menghitung volume pekerjaan seperti volume pekerjaan : galian pondasi, volume pasangan pondasi, volume pekerjaan pasangan dinding bata merah, volume pekerjaan beton dan seterusnya. Volume pekerjaan dihitung berdasarkan gambar yang lengkap ukurannya.
  2. Melakukan editing harga satuan bahan bangunan dan upah kerja sesuai harga setempat yang ada pada analisa harga satuan yang digunakan.
  3. Memilih dan memilah bahan-bahan bangunan yang akan digunakan dari list material yang jumlahnya sangat banyak.
  4. Membuat format RAB rumah sesuai pekerjaan pada rumah Anda, mulai dari pekerjaan galian pondasi sampai pekerjaan finishing. Format dibuat pada salah satu sheet file Analisa Harga Satuan (AHS-SNI) yang digunakan dan menambahkan link, rumus/formula agar terhubung dengan sheet yang diperlukan;
  5. Memilih analisa harga satuan pekerjaan yang akan digunakan dan sesuai dengan bangunan rumah Anda, dan masih ada beberapa langkah-langkah lainnya.

Perlu diketahui untuk dapat mengerjakan pembuatan RAB rumah dengan cara manual tidaklah mudah, harus memiliki dasar pengetahuan ilmu bangunan/sipil/arsitektur.

Sedangkan membuat RAB rumah otomatis dengan menggunakan Software RAB Rumah hanya perlu 2 langkah :

  1. Menghitung volume pekerjaan (sama dengan cara manual)
  2. Melakukan edit harga material dan upah sesuai harga setempat,  jumlah material  sudah diseleksi sesuai keperluan bangunan rumah, jadi Anda tidak perlu mimilih.

Setelah mengerjakan 2 langkah tersebut, maka secara otomatis RAB rumah sudah selesai tinggal Anda cetak/print.  Ada  kelebihan yang tidak diperoleh dengan cara membuat RAB rumah manual, yaitu  Anda akan memperoleh tabel rincian keperluan bahan material yang tidak mudah dikerjakan secara manual.

Itulah kelebihan dari Software RAB Rumah yang kami buat untuk memudahkan dan mempercepat pembuatan RAB rumah, baik bagi yang memiliki dasar ilmu bangunan/sipil/arsitektur, atau yang awam sekalipun akan dapat menggunakan Software RAB dengan mudah asalkan sudah familiar menggunakan excel dan dapat menghitung volume dan luas suatu bidang atau benda. Bagi Anda yang berminat memiliki Software RAB.. harganya terjangkau, silahkan kunjungi website kami di www.softwarerab.com. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi Anda.

Updated: 1 September 2013 — 10:38 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme