Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Memilih Rangka Plapond Bahan Metal (Besi Hollow)

rangka plapond besi hollowMungkin Anda saat ini sedang membangun rumah, Anda masih bingung untuk menentukan bahan material untuk rangka plapond, apakah menggunakan bahan metal (besi hollow) atau menggunakan bahan kayu.  Untuk menentukan bahan rangka plapond yang akan Anda gunakan tentunya tergantung bahan tutup plapond yang akan Anda gunakan.

Apabila Anda akan menggunakan tutup plapond dari bahan kayu lapis (triplek, teakwood, atau multiplek)  yang dipotong-potong dengan ukuran tertentu, eternit asbes 1 x 1 meter atau eternit asbes 0,5 x 1 meter dimana pada sambungan tutup plapond yang satu dengan yang lainnya diberi jarak (nat), maka rangka plapond sebaiknya menggunakan bahan kaso kayu ukuran 4 x 6 cm atau ukuran 5 x 7 cm. Tapi kalau Anda akan menggunakan tutup plapond bahan Gypsum atau GRC ukuran 240 x 120 cm tanpa tanpa nat (jarak), maka sebaiknya menggunakan rangka plapond bahan metal (besi hollow).



Kelebihan penggunaan rangka plapon besi hollow untuk GRC atau Gypsum:

  • besi hollow hollow tahan perubahan suhu, sehingga dempulan sambungan tidak akan berubah/retak.
  • besi hollow ringan, sehingga mengurangi beban struktur
  • besi hollow tahan lama, sebab tidak akan diserang hama seperti kayu

Kelebihan rangka plapond bahan kayu untuk tutup plapond triplek/asbes yaitu pemasangan  dan pengaturan nat lebih mudah dan bisa dikerjakan oleh tukang kayu.

Dalam memilih bahan metal untuk rangka plapond sebaiknya memilih bahan yang anti karat. Karat biasanya muncul disebabkan oleh percikan air hujan dari celah-celah genting. Pemilihan tutup plapond gypsum juga harus dipertimbangkan apakah kerapatan tutup atapnya baik?, sebab gypsum kurang tahan terhadap air. Gypsum cocok untuk tutup plapond pada lantai 1 rumah 2 lantai (plapon di bawah plat beton), sebab bebas percikan air hujan.

Seiring dengan semakin mahalnya material kayu yang berkualitas baik seperti kayu damar laut, kayu kamper, dan kayu Kalimantan/Sumatera lainnya, maka pada saat ini orang beralih dan lebih  memilih penggunaan tutup plapond menggunakan Gypsum dan GRC dengan rangka plapond bahan metal (besi hollow).

Itulah sekilas uraian mengenai tips memilih rangka plapond bahan metal (besi hollow) untuk tutup plapond bahan GRC dan Gypsum. Semoga bermanfaat.

Updated: 15 Oktober 2014 — 6:21 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme