Menata Ruangan Rumah Kecil di Lahan Sempit | Desain Rumah Sederhana

Homepage » Arsitektur » Menata Ruangan Rumah Kecil di Lahan Sempit

Menata Ruangan Rumah Kecil di Lahan Sempit

November 3rd, 2011 0 Comments

Siapa yang tidak ingin memiliki sebuah rumah besar di atas lahan luas, tapi apabila memang terpaksa mau apa lagi ? Seperti halnya  type perumahan RSS (rumah sangat sederhana) di perkotaan, dengan luas bangunan 21 m2 yang dibangun  di atas lahan yang luasnya hanya  60 m2.

Agar rumah yang kecil dengan lahan yang sangat terbatas tetapi nyaman bagi penghuninya, tentunya harus didesain sedemikian rupa sehingga walaupun rumah kecil tetapi terkesan luas dan menyenangkan.

Untuk itu, maka sebelum membangun atau merenovasi rumah KPR milik anda.. tentunya harus dirancang dan didesain sedemikian rupa. Agar sebuah rumah hunian walaupun luas ruangan dan lahannya kecil akan terasa menyenangkan dan membuat penghuninya betah tinggal di rumah.. harus diperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

Tata ruang

Peletakan ruangan atau kamar harus dirancang secara tepat sesuai dengan alur lalu lintas penghuni, luas lahan yang tersedia,  serta fungsi ruangan itu sendiri. Contoh kecil : sangat kurang nyaman dan mengganggu jika pintu kamar mandi terlihat dari ruang tamu atau ruang keluarga. Untuk memenuhi kebutuhan ruangan yang sesuai keperluan sehubungan dengan terbatasnya lahan, maka satu-satunya cara dengan menambah lantai.

Pencahayaan dan ventilasi

Pencahayaan alami yang cukup, hal ini untuk menghindari pencahayaan menggunakan lampu di siang hari. Harus diupayakan setiap ruangan mendapat cahaya dan udara dari ruang terbuka. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat sebuah ruang terbuka yang dapat dimanfaatkan oleh tiga ruangan untuk mengambil cahaya dan udara. Lihat di sini..

Taman minimalis

Walaupun luas lahan rumah KPR itu kecil, tetapi apabila kita pandai mengatur dan menata ruang.. maka kita bisa membuat sebuah taman minimalis di lantai 2. Sebuah kolam ikan hias minimalis dengan hiasan tanaman pot yang diatur sedemikian rupa akan menimbulkan kesan tersendiri.

Dengan penataan yang tepat dan efisien, maka walaupun sebuah rumah kecil akan memberikan kesan yang menyenangkan serta membuat semua penghuni rumah betah tinggal di rumah.



semoga teman suka..


Sign up free email newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

Comments are closed.

Desain Rumah Sederhana Search form
Kalkulator KPR

Rumah Dijual Alam Tirta Lestari

DIJUAL..! Perum Altari, Ciomas Bogor,Jl. Bougenvlile Blok G No.2

Alat Membuat RAB Rumah

Link Partner
StatBlog
Google PageRank Checker