Mengatasi Bocoran Tembok Batas Tetangga | Desain Rumah Sederhana

Homepage » perawatan rumah » Mengatasi Bocoran Tembok Batas Tetangga

Mengatasi Bocoran Tembok Batas Tetangga

August 16th, 2012 0 Comments

Di pemukiman perumahan, baik di perumahan Kopel KPR maupun di perumahan elit, masalah bocoran perbatasan tembok tetangga selalu ada. Bocoran perbatasan tembok antara rumah yang satu dengan yang lainnya selalu menjadi kendala dan relatif susah untuk menanggulanginya.
Penyebab bocoran di tembok perbatasan ini adalah akibat retaknya sambungan kedua tembok sebagian atau sepanjang tembok perbatasan bagian atas.

Permukaan Tembok Batas Rawan Bocor

Biasanya yang membangun belakangan akan merapatkan sambungan tembok perbatasan dengan adukan semen pasir kemudian diaci dengan semen. Dalam waktu beberapa bulan kedua tembok yang dirapatkan akan retak akibat gerakan-gerakan tanah. Walaupun retaknya hanya setebal rambut, tetapi akan dapat dimasuki air hujan. Dan air akan mencari celah-celah yang dapat dilalui, sehingga menyebar kemana-mana. Biasanya yang kena dampak ini adalah tembok bangunan belakangan, sebab yang tembok bangunan pertama sudah sudah finising bahkan sudah dicat anti air.

Dalam memasang tembok batas kadang-kadang arsitekpun kurang memperhatikan hal tersebut. Jika sudah terjadi keretakan, akan susah memperbaikinya, walaupun kita tambal dengan aquaproof hanya akan tahan beberapa minggu. Kondisi tembok batas antara yang satu dengan yang lain ada yang rata, atau salah satu lebih tinggi. Semuanya sama saja susah mengatasinya, sebab akan selalu terjadi keretakan.

Cara sederhana untuk mengatasi kebocoran ini yaitu dengan menggunakan silikon (lem kaca). Walaupun tidak mengatasi dengan sempurna tapi akan tahan dalam waktu tahunan, tidak seperti aquaproof hanya tahan beberapa bulan saja.

Cara memasang silikon :

  1. Bersihkan kedua sambungan tembok perbatasan dari cat sampai terlihat permmukaan semen.
  2. Lalu amplas dan bersihkan debu bekas amplas dengan kain basah, dan tunggu sampai benar-benar kering.
  3. Tempel silikon dengan menggunakan pompa silikon seperti mengelem aquarium.Silikon yang akan digunakan bisa warna hitam atau bening sama saja.. yang penting permukaan tembok sudah bersih.
  4. Agar tampak rapi, maka bila perlu cat dengan aquaproof.

Kalau ditambal menggunakan silikon, maka ketika tembok retak.. silikon tidak akan ikut retak sebab karet (fleksibel). Tetapi dalam jangka waktu lama tetap akan kaku dan pecah juga.

Yang saya uraikan tersebut adalah cara penanggulangan. Bagaimana untuk pencegahan? Maksudnya untuk tembok batas yang belum dibangun. Penyebabnya sepele yaitu ketika yang membangun belakangan, tembok baru dirapatkan dengan dengan tembok lama. Nah caranya adalah jangan sekali-kali merapatkan atau mengisi celah, biarkan ada rongga.Biarkan ada rongga untuk mengalirnya air hujan jika tembok batas  terjadi keretakan. Itulah cara sederhana penanggulangan dan pencegahan bocoran tembok batas batas dengan tetangga.



semoga teman suka..


Sign up free email newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

Comments are closed.

Desain Rumah Sederhana Search form
Google+ Follower

Alat Membuat RAB Rumah

Facebook Follower
Link Partner
StatBlog
Google PageRank Checker