Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Mengenal Pekerjaan Struktur Pada Bangunan Rumah Tinggal

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa fungsi utama rumah adalah sebagai tempat tinggal sekaligus tempat berlindung dari panas, hujan, angin, dan gangguan alam lainnya seperti gempa bumi. Oleh karena itu rumah tinggal selain harus rapi, indah dipandang, juga yang lebih penting lagi haruslah kokoh dan kuat. Rumah yang kokoh dan kuat perlu dirancang dengan struktur bangunan yang menggunakan bahan bangunan serta campuran adukan yang dianjurkan, seperti pada AHS-SNI mengenai pekerjaan pondasi, dan pekerjaan beton bertulang untuk struktur.

mengenal struktur bangunan rumah

Yang termasuk pekerjaan struktur dalam bangunan rumah tinggal adalah sebagai berikut :

1. Pondasi
2. Beton Kolom
3. Beton Sloof (tiang)
4. Ring Balok (balok di atas tembok)
Pondasi

Pondasi merupakan struktur yang sangat menentukan kekuatan dan kekokohan sebuah rumah. Pondasi berfungsi memikul seluruh beban rumah mulai dari beban dinding, plapond, atap, atau bangunan di atasnya  jika bangunan  berlantai 2 atau lebih.

Pondasi rumah umumnya menggunakan pasangan batu belah dengan perekat adukan semen dan pasir. Untuk bangunan rumah 2 lantai, pasangan pondasi batu kali perlu dibantu dengan pondasi plat beton pada setiap pojok atau pertemuan tembok (persis di bawah kolom). Pondasi plat beton bias disebut orang “Pondasi cakar Ayam”.

Perbandingan semen pasir pada adukan perekat pasangan pondasi batu kali mulai dari adukan 1 semen : 3 pasir,  1semen : 4 pasir, dan paling rendah 1 semen : 5 pasir. Pasir yang digunakan haruslah pasir pasang yang berkualitas dengan  kandungan tanah yang sangat kecil. Batu pondasi yang digunakan sebaiknya batu belah berkualitas, sebab kalau bukan batu belah biasanya permukaannya tdak bagus terlapisi tanah yang mengeras sehingga kurang bersenyawa dengan perekat adukan.

Beton Kolom

Beton kolom, adalah balok beton yang dipasang berdiri tegak pada setiap pojokan dan pertemuan dinding. Beton kolom berfungsi sebagai tiang rumah, yang bertugas memikul beban yang ada di atasnya. Selain memikul beban, kolom berfungsi mengikat pasangan dinding. Konstruksi beton kolom harus dibuat dengan benar dengan tulangan yang sesuai. Untuk rumah 1 lantai standard tulangan utama cukup menggunakan besi beton diameter  4 x  besi beton diameter 10 mm, ring 8 mm dengan jarak antar ring 15 – 20 cm. Ukuran penampang beton kolom untuk rumah 1 lantai mengikuti ketebalan bahan dinding yang akan dipasang.  Ukuran 10 x 20 cm misalnya untuk dinding bata merah, adukan beton sebaiknya menggunakan beton mutu K-225, K-250, atau K-275.

Beton Sloof

Beton sloof adalah balok beton yang dipasang tepat di atas pondasi batu kali.  Beton sloof berfungsi mengikat dan memperkuat pondasi, dinding bagian bawah, sehingga apabila terjadi pergerakan tanah yang mengakibatkan pecahnya pondasi.. dinding akan terlindungi oleh beton sloof. Ukuran penampang beton sloof  15 x 20 cm dengan tulangan utama 6 besi diameter 10 mm dan ring diameter 8 mm dengan jarak 15 cm antar ring, adukan beton sebaiknya menggunakan beton mutu K-225, K-250, atau K-275.



Ring Balok

Ring Balok adalah balok beton yang dipasang persis di atas pasangan dinding. Balok beton tersebut berfungsi mengikat dinding bagian atas, membagi rata beban yang dipikulnya ke setiap ujung beton kolom. Oleh karena itu ukuran penampang balok beton jangan dibuat pesegi, sebab apabila ukuran penampang balok dibuat persegi, fungsi membagi bebannya akan berkurang, sehingga dinding akan terkena beban tumpuan titik tertentu. Ukuran penampang beton sloof  10 x 20 cm dengan tulangan utama 4 besi diameter 10 mm dan ring diameter 8 mm dengan jarak 15 cm antar ring, adukan beton sebaiknya menggunakan beton mutu K-225, K-250, atau K-275.

Itulah selintas pengetahuan tentang mengenal pekerjaan struktur pada bangunan rumah,  fungsi dan kegunaan, serta bahan material yang digunakan. Semoga dengan uraian yang singkat tersebut dapat menambah pengetahuan Anda, sehingga ketika akan membangun sebuah rumah dapat memperhatikan bagian-bagian penting tersebut.

Updated: 18 September 2014 — 6:27 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme