Menghitung Anggaran Biaya Bangunan Rumah Tinggal | Desain Rumah Sederhana

Homepage » rab » Menghitung Anggaran Biaya Bangunan Rumah Tinggal

Menghitung Anggaran Biaya Bangunan Rumah Tinggal

April 18th, 2013 0 Comments

Software RABDalam dunia konstruksi bangunan/arsitektur, kegiatan menghitung Anggaran Biaya Bangunan merupakan bagian dari pekerjaan perencanaan konstruksi. Pekerjaan perencanaan adalah kegiatan dalam rangka pembuatan dokumen perencanaan suatu pekerjaan fisik bangunan seperti bangunan gedung kantor, bangunan pabrik, bangunan jalan dan jembatan, bangunan bandara, bangunan rumah tinggal dan sebagainya.

Dalam posting kali ini saya akan mengulas sedikit mengenai cara menghitung bangunan rumah tinggal, dimana rumah tinggal merupakan kebutuhan pokok manusia yang tidak akan pernah berhenti selama ada manusia dilahirkan.

Yang memiliki keahlian dalam soal menghitung anggaran biaya bangunan tentunya orang-orang yang memiliki basic pengetahuan bangunan/sipil/arsitektur. Sebagian masyarakat kita yang memiliki dana berlebih, mereka ketika akan membangun sebuah rumah tinggal akan menggunakan jasa mereka untuk membuatkan dokumen perencanaan, yang terdiri dari gambar-gambar teknis sampai dengan pembuatan RAB. Dokumen perencanaan tersebut berguna sebagai pedoman pelaksanaan dan sebagai dasar untuk memilih para kontraktor pelaksana yang akan mengerjakan pembangunannya.

Perencanaan rumah tinggal mewah orang-orang kaya sudah pasti menggunakan jasa arsitek, dan pelaksanaannya menggunakan jasa kontraktor pelaksana konstruksi yang berpengalaman.

Kembali ke pokok bahasan mengenai menghitung anggaran biaya bangunan rumah tinggal, saya disini akan memberikan sedikit penjelasan mengenai hal tersebut terutama untuk rumah tinggal masyarakat biasa. Apakah perlu sebuah rumah tinggal biasa dibuatkan dokumen perencanaannya seperti rumah mewah? Sekecil atau sesederhana apapun, kita tetap memerlukan dokumen perencanaan seperti gambar dan RAB. Hanya barangkali untuk rumah sederhana dengan ukuran yang tidak begitu besar, kita tidak perlu menggunakan jasa arsitek.. dan pelaksanaannya juga tidak perlu menggunakan kontraktor.

Untuk rumah-rumah biasa, kita dapat membuat sendiri dokumen perencanaan yang sederhana.. mulai dari membuat gambar denah, bentuk rumah, bahan-bahan material yang akan digunakan. Gambar-gambar sederhana kita bisa buat sendiri menggunakan penggaris, yang penting lengkap ukuran-ukurannya. Contoh-contoh denah bisa kita dapatkan banyak di internet.

Dengan gambar yang kita buat sendiri, kita bisa menghitung sendiri volume pekerjaan mulai dari pekerjaan galian pondasi, pasangan pondasi, volume sloof, volume kolom beton, volume ring balok beton, volume lantai beton, luas lantai keramik, luas plapond, luas atap, luas dinding, luas daun pintu, luas daun jendela, volume kusen, panjang instalasi air, jumlah kloset, luas pasangan keramik dinding, luas bidang cat (dinding, plapond, pintu), dan seterusnya.

Setelah Anda mengetahui luas dan volume pekerjaan tersebut, maka Anda akan dapat menghitung kebutuhan biaya keseluruhan, serta Anda dapat mengetahui jumlah masing-masing material yang diperlukan untuk rumah Anda.

Lantas bagaiman cara menghitung biayanya? Nah, untuk menghitung anggaran biayanya ada 2 cara yaitu dengan cara manual dan cara menggunakan Software RAB. Kalau dengan cara manual, mungkin Anda akan merasa kesulitan sebab Anda harus menggunakan Analisa Harga Satuan Pekerjaan Konstruksi (AHS-SNI) dengan cara manual. AHS-SNI merupakan pedoman baku dari pemerintah (instansi terkait) untuk menghitung Anggaran biaya bangunan. Dengan cara manual tentunya Anda harus belajar cukup lama untuk dapat menggunakan AHS-SNI tersebut. Jadi bagi Anda yang awam bidang tersebut tentunya akan lebih cepat dan mudah dengan menggunakan alat bantu Software RAB. Karena dengan menggunakan Software RAB Anda cukup mengedit harga satuan material dan upah kerja,  input volume pekerjaan yang sudah Anda hitung seperti yang dibahas sebelumnya. Dengan hanya input volume pekerkjaan dan edit harga satuan, maka selanjutnya Software RAB akan memproses secara otomatis dengan menggunakan AHS-SNI yang sudah diotomatiskan, dan selesailah Rab Rumah Anda. Selanjutnya Anda akan mengetahui jumlah biaya bahan dan upah, serta rincian bahan material yang diperlukan. RAB Rumah dan tabel kebutuhan material tinggal Anda cetak menggunakan printer.

Dengan telah memiliki dokumen perencanaan di atas, gambar sederhana dan RAB rumah yang Anda buat sendiri menggunakan Software RAB, maka dapat dijadikan pedoman untuk pelaksanaan pembangunan rumah Anda yang pelaksanaannya bisa dengan sistem kerja borongan atau sistem kerja harian. Itulah sedikit tentang cara menghitung anggaran biaya bangunan rumah tinggal. Untuk mendapat Software RAb tersebut Anda dapat membelinya di www.softwarerab.com. Semoga informasi tersebut berguna bagi Anda yang akan merencanakan membangun rumah tinggal.

rab


semoga teman suka..


Daftarkan Email

Untuk berlangganan update artikel Blog ini via Email, Silahkan Masukan Email Anda:

Jangan lupa konfirmasikan email Anda

Leave a Reply to this Post

*
Desain Rumah Sederhana Search form
Google+ Follower

Alat Membuat RAB Rumah

Facebook Follower
Categories
StatBlog