Menghitung Bahan Material Pasangan Dinding Bata Merah | Desain Rumah Sederhana

Sebar Iklan Ke Ratusan Situs Iklan Baris Indonesia Bisnis Online Pemula dan Lanjutan Homepage » Material » Menghitung Bahan Material Pasangan Dinding Bata Merah

Menghitung Bahan Material Pasangan Dinding Bata Merah

February 3rd, 2012 0 Comments

By Endang Kusman

 
[Pasangan Bata Merah]Untuk membuat dinding tembok rumah, kita bisa menggunakan berbagai bahan material seperti batako teras, batako press beton, hebel, batu kali, bata merah, dan sebagainya. Biasanya di setiap daerah di Indonesia, ada kebiasaan menggunakan bahan yang berbeda dengan daerah lainnya. Seperti di daerah Bogor.. banyak masyarakat yang menggunakan batako yang dibuat dari teras (tanah berwarna kecoklatan).

[Batu Bata Merah]Tapi, pada umumnya orang lebih banyak menggunakan batu bata.. atau bata merah, yang terbuat dari bahan tanah lempung dicampur sedikit pasir dan skam padi kemudian diabakar sampai matang. Ukuran standar bata merah tebal 5 cm, lebar 10 cm dan panjang 20 cm (10 x 20 x 5 cm). Tapi ada  juga bata merah yang berukuran lebih kecil dari ukuran standard.

 

Ketebalan pasangan bata, setengah bata (10 cm), satu bata (20 cm), dst. pasangan setengah bata apabila sudah diplester kanan kiri ketebalannya menjadi kurang lebih 15 cm. Dinding tembok rumah pada umumnya menggunakan pasangan setengah bata yang diperkuat oleh sloof dan tiang kolom beton bertulang.

Untuk pasangan dinding bata merah tebal setengah bata diperlukan sekitar 70 buah bata merah, dan 0,038 m3 adukan (campuran 1 semen : 6 pasir). Untuk  038 m3 adukan diperlukan 0,023 m3 pasir ayak dan 0,152 zak semen (@ 50 kg).

Jika luas dinding tembok rumah anda yang mau dipasang bata merah ada 500 m2, maka diperlukan bahan-bahan sebagai berikut :

  • Bata merah = 500 x 70 bh = 35000 bh
  • Pasir ayak = 500 x 0,023 m3 = 11,50 m3
  • Semen (50 kg) = 500 x 0,150 zak = 37,5 zak

Untuk mengetahui nilai uangnya silahkan hitung sendiri.

Estimasi tersebut di atas merupakan hitungan minimal berdasarkan pengalaman langsung penulis, dan pedoman ini hanya untuk keperluan individu yang ingin mengetahui kebutuhan bahan secara pasti, bukan untuk keperluan bisnis (pekerjaan borongan). Semoga bermanfaat.. dan sampai jumpa dengan materi praktis lainnya.



Gimana posting saya..Teman SUKA?


Sign up free email newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

Comments are closed.

Desain Rumah Sederhana Search form

Alat Membuat RAB Rumah

Cara Menjalankan Bisnis Online
Google PageRank Checker