Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Menghitung Biaya dan Material Rumah Sederhana dengan Software RAB

Software RAB merupakan alat bantu untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan menghitung biaya dan bahan material bengunan rumah sederhana baik bagi Anda yang sudah terbiasa menghitung RAB rumah dengan cara manual atau bagi Anda yang kurang memiliki pengetahuan bangunan.

Software RAB dirancang khusus untuk menghitung biaya membangun atau membuat RAB untuk rumah sederhana, bukan untuk bangunan non rumah termasuk rumah elit atau rumah mewah. Yang saya maksud dengan rumah sederhana adalah rumah yang menggunakan bahan material standard dan umum digunakan.

Membuat RAB dengan Software RAB, Anda cukup menginput volume pekerjaan , harga bahan material, upah kerja tukang dan pekerja sesuai dengan harga di tempat Anda. Setelah selesai menginput data tersebut maka RAB rumah beserta rincian kebutuhan bahan bisa dilihat dan dicetak ke printer.

Pada dasarnya cara kerja Software RAB adalah mengotomatiskan pembuatan RAB rumah yang biasa dilakukan dengan cara manual, terutama pada saat menggunakan analisa harga satuan (AHS-SNI). Apabila mengerjakan RAB rumah dengan cara manual Anda harus bisa menggunakan AHS-SNI, sehingga sedikitnya memerlukan pengetahuan sesuai bidangnya.

Bagi Anda yang kurang memiliki pengetahuan  teknik bangunan, untuk bisa menggunakan Software RAB, Anda hanya perlu bisa menggunakan MS-Excel dan sedikitnya bisa menghitung luas dan volume suatu benda, yang tujuannya untuk mengitung volume pekerjaan seperti pekerjaan galian tanah, pekerjaan pondasi, dst. Panduan menghitung volume pekerjaan bisa Anda lihat di sini..



Untuk mengetahui harga bahan material sesuai harga setempat, Anda cukup dengan mencari beberapa nomor telpon toko material bangunan terdekat dan menayakan 3 sd. 5 material per toko. Sedangkan untuk mengetahui harga upah tukang dan pekerja, Anda cukup menanyakan kepada teman atau tetangga yang sedang  membangun atau memperbaiki rumah.

Nilai RAB rumah yang dihasilkan Software RAB dapat dijadikan bahan acuan bagi Anda untuk berbagai keperluan, seperti penyediaan dana membangun rumah, pedoman atau patokan harga penawaran dan negosiasi jika pekerjaan membangun akan diborongkan.. baik sistem borongan tenaga atau bahan, atau sebagai tolok ukur jika akan dikerjakan dengan sistem kerja harian.

Dokumen lain yang diperlukan untuk menghitung volume pekerjaan adalah gambar-gambar seperti denah, tampak, potongan dan gambar penjelasan. Gambar-gambar tersebut bisa dibuat sendiri atau meminta bantuan orang lain. Bagi pembeli Software RAB akan diberikan  bonus gambar desain lengkap rumah 2 lantai untuk lahan ukuran 6 x 12 m atau uuran 6 x 15 m atau lebih dan sudah dilengkapi perhitungan volume pekerjaan untuk praktek penggunaan Software RAB. Harga Software RAB cukup murah dan terjangkau, dan untuk mendapatkannya silahkan kunjungi www.softwarerab.com. Semoga informasi ini dapat membantu Anda untuk mempermudah pekerjaan pembuatan RAB rumah sederhana.

Updated: 29 November 2013 — 8:48 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme